Usai European Super League, Fans Liverpool Serukan #FSGOut

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
21 April 2021 13:45
Mohamed Salah/Twitter Liverpool

Jakarta, CNBC Indonesia - Tagar alias hashtag #FSGOut memuncaki daftar trending topics di media sosial. Ada apa ya?

FSG adalah singkatan dari Fenway Sports Group. Kelompok usaha besutan John William Henry ini menjadi pemilik di sejumlah tim olahraga seperti Boston Red Sox (bisbol), Roush Fenway Racing (balap mobil), dan tentu saja Liverpool Football Club (sepakbola).

FSG mengambil alih Liverpool dari tangan sesama pengusaha asal Amerika Serikat (AS), George Gillet dan Tom Hicks. Gillet dan Hicks adalah figur yang sangat tidak populer, karena nyaris membuat Si Merah jatuh ke jurang kebangkrutan. Performa di lapangan pun mengecewakan, karena Steven Gerrard dan kolega hanya menjadi tim medioker.


Pada 2010, FSG disebut-sebut merogoh kocek GBP 300 juta (sekira Rp 6,08 triliun dengan kurs saat ini) untuk merebut Liverpool dari Gillet-Hicks. FSG menjadi pemilik Liverpool sampai detik ini.

Di bawah kendali FSG, The Kop merengkuh gelar pertama pada 2012 yatu Piala Liga Inggris. Pada 2014, di bawah asuhan Manajer Brendan Rodgers, Liverpool nyaris menjadi juara Liga Primer Inggris. Namun terpeleset (secara harfiah) jelang garis finis membuat itu jatuh ke tangan Manchester City,

Peruntungan FSG berubah kala menunjuk laki-laki berkebangsaan Jerman bernama Juergen Norbert Klopp sebagai manajer. Pada musim 2017/2018, Klopp membawa Liverpool ke final Liga Champions Eropa untuk berhadapan dengan Real Madrid (Spanyol). Sayang, kalah 1-3.

Semusim berikutnya, Liverpool nyaris menjadi juara Liga Primer, hanya berselisih satu poin di klasemen akhir dari (lagi-lagi) City. Namun kekecewaan itu dibayar dengan menjuarai Liga Champions Eropa setelah menundukkan sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur, di final. Setelah jadi Champions of Europe, Liverpool kembali menambah trofi dengan menjuarai Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar-Klub.

Puncak kejayaan FSG di Liverpool mungkin bisa dibilang terjadi pada musim 2019/2020. Setelah penantian selama 30 tahun, akhirnya Liverpool berhasil menjadi yang terbaik di Inggris dalam urusan sepakbola. Ya, Liverpool adalah Champions of England!

Namun sayang, puncak kejayaan itu terasa sepi. Pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) membuat gelar juara tidak bisa dirayakan beramai-ramai bersama para suporter.

Halaman Selanjutnya --> FSG Tidak Baik-baik Saja

FSG Tidak Baik-baik Saja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading