Dear Kpop Lovers, Ini 10 Girl Band Peraih Daesang Terbanyak

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
20 April 2021 19:28
Red Velvet (Instagram via DetikLifestyle)

Jakarta, CNBC Indonesia - Memenangkan penghargaan Daesang jelas merupakan pencapaian besar, terutama untuk girlband. Dalam Industri Pop Korea Selatan, Daesang atau Grand Prize merupakan salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diterima oleh artis Korea sepanjang karier mereka.

Penghargaan ini antara lain termasuk Artis Tahun Ini, Lagu Tahun Ini, dan Ikon Sedunia Tahun Ini, ditentukan oleh penjualan fisik dan digital oleh para musisi.

Berikut adalah 10 girlband Korsel yang mendapatkan Penghargaan Daesang terbanyak sepanjang masa (per April 2021), sebagaimana dilansir dari Allkpop.

Fin.K.L. (1 Daesang)
Fin.K.L adalah grup wanita Korsel yang dibentuk oleh DSP Media pada tahun 1998, terdiri dari anggota Lee Hyori, Ock Joo-Hyun, Lee Jin, dan Sung Yu-ri. Mereka mendapatkan 1 penghargaan daesang di puncak mereka bersama SES.

Miss A (1 Daesang)
Miss A adalah girlband yang terdiri dari anggota Fei, Jia, Min, dan Suzy, dibentuk oleh JYP Entertainment. Grup ini memulai debutnya pada Juli 2010 dengan single "Bad Girl Good Girl", yang menjadikan mereka satu-satunya grup yang mengantongi Lagu Tahun Ini di Mnet Asian Music Awards (MAMA) untuk debut mereka.

Wonder Girls (2 Daesang)
Wonder Girls yang dibentuk oleh JYP Entertainment ini memulai debutnya pada Februari 2007 dengan single "Irony". Girlband ini memiliki lima anggota, yakni Yeeun, Sunye, Sunmi, Hyuna, dan Sohee. Grup ini telah mengumpulkan 2 hadiah utama bergengsi sepanjang karir mereka sebagai sebuah tim, termasuk Song of the Year dari Mnet Asian Music Awards untuk lagu "Nobody" .

Momoland (2 Daesang)
Momoland dibentuk oleh MLD Entertainment (sebelumnya dikenal sebagai Duble Kick Company) melalui reality show 2016 Finding Momoland. Momoland beranggotakan pemenang acara, yakni Hyebin, Yeonwoo, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy, yang kemudian ditambahkan anggota Taeha dan Daisy setelahnya.

Grup ini debut sebagai grup wanita beranggotakan 9 orang dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan Artis Tahun Ini di Korea Brand Awards dan Korea Cable TV Awards, sebelum lagu hit mereka di seluruh dunia, "Bboom Bboom".

MAMAMOO (2 Daesang)
Mamamoo dibentuk oleh RBW (sebelumnya WA Entertainment) pada tahun 2014. Kuartet ini telah memenangkan 2 Daesang berkat kekuatan vokal teladan mereka, seperti Performer of the Tahun Penghargaan PD Korea dan Pertunjukan Live Tahun Ini di Soribada Best K-Music Awards (SOBA).



GFRIEND (3 Daesang)
GFriend beranggotakan enam orang yang dibentuk oleh Source Music pada tahun 2015. Grup ini terdiri dari Sowon, Yerin, Eunha, Yuju, SinB, dan Umji. Mereka memulai debut mereka dengan EP Season of Glass pada 15 Januari 2015.

Membangun momentum karir mereka di hari-hari pendatang baru dan mengumpulkan lebih dari satu juta unduhan digital dan salinan fisik, grup ini telah memenangkan total 3 penghargaan Daesang sepanjang karir mereka, termasuk Penampil Tahun Ini di Penghargaan PD Korea dan Hadiah Utama untuk Kategori Hallyu (Penyanyi K-pop) Penghargaan Hiburan Budaya Korea.

Red Velvet (4 Daesang)
Girlband beranggotakan lima orang, Red Velvet memulai debutnya pada tahun 2014 di bawah manajemen oleh SM Entertainment. Red Velvet yang terdiri dari anggota: Wendy, Seulgi, Joy, Irene, dan Yeri ini mendapat pujian kritis dan memenangkan beberapa penghargaan Daesang, termasuk Song of the Year di Asia Artist Awards (AAA) untuk "Umpah Umpah" dan Music of the Year di Soribada Best K-Music Awards.

2NE1 (6 Daesang)
2NE1 terdiri dari anggota Bom, CL, Dara, dan Minzy. Grup ini dibentuk oleh YG Entertainment pada tahun 2009. Grup wanita pelopor girl-crush telah menerima total 6 penghargaan Daesang, termasuk Song of the Year di Mnet Asian Music Awards, dengan penjualan album sebanyak 681,5 ribu terjual sepanjang karir mereka.

Girls' Generation/SNSD (9 Daesang)
Girls' Generation, yang juga dikenal sebagai SNSD, dibentuk oleh SM Entertainment. Grup ini terdiri dari delapan anggota: Taeyeon, Sunny, Tiffany, Hyoyeon, Yuri, Sooyoung, Yoona, dan Seohyun.

Sering dielu-elukan sebagai Nation's Girl Group oleh netizen Korea, grup ini telah mengumpulkan total 9 daesang di beberapa tahun pertama mereka dan telah menjual lebih dari 2,92 juta kopi album. SNSD juga jadi satu-satunya grup wanita yang mengantongi Disk Daesang (Hadiah Utama) di Golden Disk Awards.

TWICE (16 Daesang)
Twice dibentuk pada tahun 2015 oleh JYP Entertainment. Grup ini terdiri dari sembilan anggota: Nayeon, Jeongyeon, Momo, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun, Chaeyoung, dan Tzuyu. TWICE adalah satu-satunya grup yang mengantongi Song of the Year Mnet Asian Music Awards dalam tiga tahun berturut-turut.


Secara keseluruhan, mereka telah memenangkan 16 penghargaan Daesang dan saat ini menjadi girl grup terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 10 juta penjualan album fisik.


[Gambas:Video CNBC]

(miq/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading