Catat! 5 Makanan yang 'Diharamkan' Setelah Vaksin Corona

Lifestyle - Rahajeng Kusumo, CNBC Indonesia
14 March 2021 13:41
Ilustrasi Virus Covid-19 (Photo created by wirestock via Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia- Indonesia termasuk salah satu negara yang tengah gencar melakukan vaksinasi Covid-19. Sebagian kelompok masyarakat pun sudah menerima vaksin dan ditargetkan bisa selesai hingga akhir tahun ini.

Namun, bagi yang sudah menjalani ada beberapa hal yang perlu menjadi bahan perhatian, utamanya dalam asupan makanan. Seperti diketahui, efektivitas vaksin juga dipengaruhi oleh asupan yang masuk ke dalam tubuh. Ada beberapa makanan yang harus dihindari setelah vaksin agar berjalan efektif.


Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui persiapan atau hal-hal yang harus dilakukan dalam vaksinasi. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Advance Social Sciences & Humanities ini mengamati 49 studi vaksin yang dilakukan sebelumnya selama tiga dekade terakhir.

Hasilnya, stres menjadi faktor utama yang dapat mempengaruhi efektivitas vaksin. Selain itu, pola makan juga memainkan peran yang besar. Selain itu, bagi penerima vaksinasi juga disarankan menghindari minuman beralkohol. Minuman alkohol dikhawatirkan memiliki efek samping terhadap vaksin.

Mengutip CNN Indonesia, Sabtu (13/3/2021), berikut makanan yang harus dihindari setelah vaksin.

1. Minuman bersoda atau berpemanis

Anda benar-benar disarankan untuk tidak meminum minuman jenis ini. Pasalnya, minuman jenis ini tidak memiliki satu pun manfaat kesehatan. Alih-alih sehat, terlalu banyak minuman bersoda dan berpemanis berisiko penambahan berat badan, diabetes, kerusakan gigi, pembentukan lemak, kolesterol tinggi, dan masih banyak lagi risiko kesehatan lainnya.

2. Makanan olahan

Makanan olahan didefinisikan sebagai makanan yang telah diubah dari bentuk aslinya dengan pemrosesan pabrik. Makanan dengan proses tinggi cenderung dibuat dengan bahan yang tak sehat seperti gula dan lemak jenuh.

3. Minuman berenergi

Minuman berenergi mengandung stimulan seperti kafein yang membebani kelenjar adrenal dan bersifat adiktif. Bukan hanya itu, untuk menciptakan rasa yang enak minuman berenergi juga umumnya mengandung gula dalam jumlah yang tinggi.

4. Makanan cepat saji


Makanan cepat saji jelas bukan pilihan yang tepat. Makanan ini melalui pemrosesan yang tinggi dengan tambahan lemak jenuh dan garam yang tinggi.

5. Minuman beralkohol

Alkohol dikhawatirkan dapat mempengaruhi respons vaksin dalam membentuk pertahanan melawan virus. Sebuah studi juga menemukan, konsumsi alkohol berdampak negatif terhadap sistem kekebalan tubuh.



[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading