Simak Guys, Kunci Hidup Bahagia Warren Buffet Jepang

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 January 2021 16:53
wahei takeda. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Wahei Takeda mungkin telah pergi 2016 lalu. Tapi kunci kebahagiaan miliuner asal Jepang ini masih patut ditiru.

Rahasia hidup bahagia bukanlah kekayaan yang berlimpah. Ia menyebut menjalani hidup yang 'sukses' dan bermakna adalah rahasianya.


"Permainan uang tidak ada akhirnya. Bahkan jika Anda menang di bawah, itu tidak menjamin kemenangan," kata Takeda seperti dikutip CNBC International.

Meskipun Anda kaya di usia 30-an atau 40-an, kata Takeda, bukan berarti bencana tidak dapat terjadi. Anda bisa saja menjadi melarat dalam sekejap.

Sering disebut Warren Buffet dari Japan, Takeda adalah salah satu investor paling sukses dan terkenal di negara Matahari Terbit. Pada tahun 2006, Takeda memiliki 10 saham teratas di lebih dari 100 perusahaan senilai 30 miliar yen.

Ini menjadikannya investor individu No. 1 di Jepang, menurut surat kabar Nikkei pada saat itu. Takeda juga pendiri Takeda Confectionery, perusahaan yang paling laris di pasaran adalah Tamago Boro, yang menjual biskuit seukuran gigitan berbentuk telur kecil.

Yang menarik adalah jika mengunjungi pabriknya, akan ditemukan banyak  pekerja yang mendengarkan musik anak-anak yang menyanyikan lagu "arigato", yang artinya terima kasih dalam bahasa Jepang.

Takeda percaya bahwa menyenandungkan ungkapan terima kasih, ini akan menjadi pengingat bahwa kerja keras staf dan loyalitas pelanggan yang berkelanjutanlah yang membuat perusahaan terus berjalan.

Semua ini mencerminkan filosofi Takeda tentang 'maro'. Ini merupakan kependekan dari 'magokoro' yang dalam bahasa Jepang berarti hati yang tulus.

Maro akan menjadi kuat jika Anda memiliki niat yang murni dan menjalani hidup yang lurus. Kepuasan batin dan syukur adalah inti dari maro.

Setelah kesuksesan Takeda dalam bisnis permen, dia memutuskan untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk mendorong pertumbuhan bisnis kecil, dan dikenal sebagai 'dermawan komunitas'.

Sepanjang karir fenomenalnya, Takeda menginspirasi ribuan orang untuk menjadi lebih memberi dan terbuka terhadap aliran uang baik yang masuk maupun keluar dari kehidupan mereka.

Dia percaya bahwa kebaikan dan kemurahan hati adalah kunci kebahagiaan dan kemakmuran.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading