Astaga! Elon Musk Sempat Rugi Bandar Rp 189 T, Kok Bisa?

Lifestyle - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
16 January 2021 11:07
CEO Tesla, Elon Musk, memperkenalkan Cybertruck di studio desain Tesla.

Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri dan CEO Tesla Elon Musk harus menerima kenyataan bahwa dirinya bukan lagi menjadi orang terkaya di dunia. Sebelumnya, Ia bertahan di posisi itu selama sekitar 5 hari hingga akhir pekan kemarin. Namun 11 Desember lalu,  peringkat orang tertajir kembali digeser oleh pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos.

Elon Musk tak lagi jadi orang terkaya di dunia karena harga saham produsen mobil listrik Tesla anjlok 8% pada perdagangan bursa saham Amerika Serikat (AS) pada Senin (11/1/2021). Harta kekayaannya pun berkurang US$13,5 miliar atau setara Rp 189 triliun menjadi US$176,2 miliar.


Adapun harga saham raksasa e-commerce Amerika Serikat, Amazon turun 2% pada perdagangan Senin dan harta kekayaannya berkurang US$3,6 miliar dan kini total kekayaan Jeff Bezos mencapai US$182,1 miliar atau US$6 miliar lebih banyak dari Elon Musk, seperti dikutip dari Forbes.

Elon Musk menjadi orang terkaya di dunia pada penutupan perdagangan bursa AS Kamis (7/1/2021). Harta Elon Musk tembus US$184 miliar setelah harga saham Tesla naik 5% menjadi US$800 per saham. Nilai kapitalisasi pasar perusahaan menjadi US$750 miliar.

Selama setahun terakhir total harta kekayaan Elon Musk memang tumbuh signifikan. Selama 18 bulan terakhir ia telah menjadi pemberitaan utama karena tindakan dan omongannya dan pengaruhnya pada saha Tesla.

CNBC International mencatat pada awal 2020 Harta Elon Musk baru mencapai US$27 miliar,ia bahkan tak masuk dalam daftar 50 orang terkaya di dunia. Harga saham Tesla yang meningkat sembilan kali lipat dalam setahun terakhir membuat kekayaan Elon Musk bertambah US$150 miliar lebih.

Harta Elon Musk melewati Warren Buffett pada bulan Juli 2020 untuk menjadi orang terkaya ketujuh di dunia. Pada bulan November, Elon Musk melewati Bill Gates untuk menjadi orang terkaya kedua. Total kekayaan bersih Bill Gates mencapai $ 132 miliar.

Elon Musk memiliki 20% saham di Tesla. Sumber kekayaan lainnya adalah dari SpaceX (perusahaan pembuat roket luar angkasa) dan Boring Company (perusahaan pembuat alat transportasi super cepat).


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading