Berharta Rp 3.174 T, Elon Musk Jadi Orang Terkaya No.1 Dunia

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 October 2021 10:10
Elon Musk, co-founder and chief executive officer of Tesla Inc., arrives in a modified Tesla Model X electric vehicle during an unveiling event for the Boring Co. Hawthorne test tunnel in Hawthorne, California, U.S., December 18, 2018.  Robyn Beck/Pool via REUTERS

Jakarta, CNBC Indonesia - Kekayaan pribadi pendiri Tesla dan SpaceX, Elon Musk, saat ini meroket menjadi US$ 222 miliar atau sekitar Rp 3.174 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per US$).

Mengutip CNN, Selasa (12/10/2021), jumlah ini semakin melambungkan posisinya sebagai orang terkaya di dunia dan memperlebar jarak dengan peringkat di bawahnya, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Kekayaan pribadi Musk meroket setelah kesepakatan dengan investor yang menilai SpaceX lebih dari US$ 100 miliar (Rp1.430 triliun) dan kekayaannya bertambah menjadi US$ 10,6 miliar (Rp 1.420 triliun), menurut CNBC.

Sementara itu, miliarder saingan Musk, Jeff Bezos, pendiri Amazon (AMZN) menjadi orang terkaya No. 2 di dunia dengan US$ 191,6 miliar (Rp2.739 triliun).


Berkat saham Tesla milik Musk dan saham mayoritasnya di SpaceX yang dimiliki secara pribadi, tempat ia menjabat sebagai CEO, Musk telah mengumpulkan kekayaan yang sangat besar.

Musk memperoleh US$ 8,6 miliar sejak penutupan perdagangan Jumat (8/10/2021) dan lebih dari US$ 52 miliar tahun ini, kata Bloomberg Billionaires Index.

Saham Tesla (TSLA) juga naik, karena mereka pulih dari tahun yang sulit. Saham Tesla naik 13% year-to-date, jauh lebih kecil dari kenaikan 743% pada tahun 2020. Namun, itu adalah peningkatan besar dari ketika saham mereka turun 22% di bulan Mei.

Musk mendapat bayaran US$ 0 pada tahun 2020, menurut data perusahaan, tetapi dia menerima opsi saham selama tahun itu yang sekarang bernilai US$ 22 miliar. Dan opsi-opsi itu jauh lebih berharga karena kenaikan harga saham.

Musk dan Bezos merupakan dua orang terkaya di dunia terlibat dalam perlombaan antariksa miliarder. Bahkan, sebelum meluncurkan misi pariwisata pertama ke luar angkasa di Inspiration4 pada bulan September, SpaceX milik Musk memenangkan kontrak militer besar-besaran NASA dan AS dan menerbangkan roket paling kuat yang beroperasi.

Bezos, yang mendirikan Blue Origin pada tahun 2000, dan miliarder pemilik merek Virgin, Richard Branson, keduanya melakukan perjalanan ke luar angkasa PADA musim panas lalu.

Sebuah laporan ProPublica bulan Juni menemukan bahwa beberapa miliarder, termasuk Elon Musk, Bill Gates dan Jeff Bezos, membayar pajak penghasilan minimal dibandingkan dengan sebagian besar orang Amerika, meskipun kekayaan mereka sangat besar. Tidak ada dalam laporan itu yang dinyatakan ilegal.

Sementara itu, ekonomi AS masih belum pulih dari resesi Covid-19. Pendapatan rumah tangga rata-rata turun 2,9% pada tahun 2020 menjadi US$ 67.521, penurunan signifikan pertama secara statistik sejak 2011.

Laporan tenaga kerja pada September menandai bulan kedua berturut-turut di mana ekonomi menambahkan pekerjaan jauh lebih sedikit dari yang diharapkan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading