Tak Peduli Mahal, 7 Tanaman Hias Ini Masih Banyak Diburu

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
13 January 2021 11:07
Philodendron luxurians

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias kini menjadi salah satu hobi yang berkembang pesat. Tak disangka-sangka semenjak pandemi, beberapa jenis tanaman hias cukup menarik perhatian.

Tahun 2021 beberapa ragam tanaman hias diyakini masih akan dicari meskipun harganya selangit. Berikut adalah 7 tanaman hias mahal yang masih akan diburu dirangkum dari banyak sumber:


1. Monstera Andasonii Variegata Impor Jepang

Tanaman hias cantik ini memiliki lubang alami pada setiap daunnya. Bentuk daunnya lebih oval dan warna daunnya hijau tua.

Menurut sejumlah penjual tanaman hias tanaman ini akan tetap eksis di 2021. Harganya bahkan tembus Rp 50 - 60juta.

Monstera adansonii variegataFoto: Monstera adansonii variegata
Monstera adansonii variegata

2. Aglonema

Aglonema merupakan salah satu tanaman termahal di Indonesia di 2020. Tanaman ini cukup populer saat ini karena memiliki ciri khas tersendiri.

Aglonema berdaun merah dan rimbun harganya bisa mencapai Rp 6 juta di pasaran. Aglonema memiliki sekitar 30 spesies.

Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)Foto: Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)
Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)

3. Monstera Variegata

Merupakan salah satu tanaman hias yang fenomenal saat ini. Perminatnya pun semakin banyak.

Saat ini harga dipasaran bisa tembus dari Rp 1,5 hingga Rp 10 jutaan. Tanaman ini memiliki gradasi warna putih pada daunnya.

Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)Foto: Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)
Monstera Variegata. (Dok: Istimewa)

4. Rothschild's Orchid

Rothschild's Orchid atau anggrek emas Kinabalu ditemukan pada tahun 1987. Dikarenakan hampir punah membuat tanaman ini dibanderol dengan harga tinggi.

Harga anggrek emas Kinabalu mencapai Rp 73 juta per tangkai. Coraknya sangat unik khas Kalimantan.

Rothschild Orchid. (Dok: Istimewa)Foto: Rothschild Orchid. (Dok: Istimewa)
Rothschild Orchid. (Dok: Istimewa)

5. Anggrek Hitam Papua

Bagi pecinta tanaman tentu sudah tak asing dengan anggrek hitam Papua. Anggrek Hitam Papua termasuk dalam familia Orchidaceae.

Memiliki kelopak bunga berwarna hitam dan elegan, harga pasaran Anggrek Hitam Papua sudah menembus Rp 100 juta ke atas. Harga mahal ini imbas dari langkanya anggrek tersebut baik di alam, maupun petani.

6. Philodendron Paraiso Verde

Philodendron Paraiso Verde merupakan tanaman hias yang paling mahal di Indonesia yang lagi naik daun. Saat ini daunya runcing lebar dan warnanya menarik.

Harga Philodendron Paraiso Verde dibanderol per daunnya saja dimulai dari Rp 1,5 juta. Harga Philodendron Paraiso Verde tergantung ukuran daun. Semakin besar daunnya tentu harganya akan semakin mahal.

7. Philodendron Pink Princess

Philodendron Pink Princess merupakan salah satu jenis Philodendron yang paling langka dan berharga mahal. Jenis tanaman ini punya daun yang terdiri dari dua warna yaitu hijau gelap dan pink.

Warna pink pada daunnya muncul karena adanya mutasi genetik (variegata). Kombinasi warna daun tersebut, sangat dipengaruhi oleh intensitas cahaya yang didapatkannya. Tanaman hias ini kini sudah tembus harga Rp 3 juta.

Half Moon Philodendron Pink Princess (Tangkapan Layar Etsy/alohaplants)Foto: Half Moon Philodendron Pink Princess (Tangkapan Layar Etsy/alohaplants)
Half Moon Philodendron Pink Princess (Tangkapan Layar Etsy/alohaplants)


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading