10 Tanaman Hias Harganya Masih Mahal, Ada yang Miliaran

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 May 2021 09:25
Monstera obliqua. (Dok: Istimewa)

Jakarta, CNBC Indonesia - Hingga saat ini memelihara tanaman hias masih menjadi tren. Ada beberapa tanaman hias yang harganya masih mahal dan tetap diburu.

Mahalnya harga tanaman hias, umumnya disebabkan karena kelangkaan, keunikan warna daun, pembiakan, dan lain sebagainya. Berikut adalah sejumlah tanaman hias termahal di dunia pada tahun 2021.


1.Monstera Variegata

Jenis lain dari spesies Monstera ini termasuk yang cukup populer pada 2020. Berbeda dengan obliqua, pada variegata keunikan ada pada corak perpaduan warna putih dan hijau. Pola bolong variegata juga berbeda dengan obliqua serta ukuran daunnya yang lebih lebar.

Warna putih pada variegata dihasilkan dari mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Semakin dominan warna putih pada daun semakin mahal harga tanaman variegata.

Tahun lalu, selembar daun variegata dengan warna putih yang dominan dijual dengan kisaran harga jutaan rupiah. Sedangkan untuk 1 pot rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

2.Aglaonema Golden Hope

Tanaman yang diberi nama Golden Hope ini merupakan hasil persilangan aglaonema baru yang dilakukan oleh pembudidaya Greg Hambali. Aglaonema Golden Hope memiliki daun yang didominasi warna kuning, hijau, dan merah.

Jika dibandingkan dengan Aglaonema lainnya, Golden Hope mempunyai karakteristik yang membuatnya tampak berbeda, yakni ciri daun yang berurat.

Aglaonema Golden Hope ukuran kecil dengan tiga daun dibanderol sekitar Rp 5 juta. Harga mencapai Rp30 juta untuk ukuran tanaman yang lebih besar.

3.Monstera Obliqua

Harga Monstera Obliqua diprediksi bakal naik lagi pada 2021 dan masih mahal. Kini tanaman tersebut sudah banyak dijual eceran dengan hitungan per daun.

Obliqua merupakan tanaman langka yang berasal dari Amerika Selatan atau Amerika Tengah. Keunikan Obliqua terletak pada lubang yang tersusun rapi mengikuti ruas daun. Pada 2020 lalu harga satu pot Monstera Obliqua rimbun bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Monstera Deliciosa. Dok: TokopediaFoto: Monstera Deliciosa. Dok: Tokopedia
Monstera Deliciosa. Dok: Tokopedia

4. Anthurium Warocqueanum

Tanaman dengan sebutan lain lidah gajah atau queen anthurium ini juga berdaun besar, seperti veitchii, namun guratannya sama sekali berbeda. Daun pada tanaman ini tebal bak karton dan memiliki bilah daun yang bertekstur bak beludru warna hijau tua.

Anthurium warocqueanum dijual sekitar Rp1 juta untuk baby version-nya, bahkan di lapak marketplace dibanderolRp2,5 juta untuk bibitnya. Sementara Anthurium warocqueanum berukuran besar mencapai puluhan juta rupiah.

5.Anthurium Veitchii

Kerap disebut sebagai king anthurium, tanaman hias ini masuk dalam kategori tanaman hias yang harganya bakal selangit. Jenis anthurium asal Kolombia ini masih berkerabat dekat dengan tanaman hias populer seperti philodendron, keladi hias, dan alokasia.

Ciri daunnya lonjong menjuntai serta lebar dengan guratan tulang daun yang cukup menonjol membuat tanaman ini terlihat kekar. Tanaman hias satu ini banyak diburu lantaran keunikan daunnya yang besar dan panjangnya bisa nyaris mencapai tinggi manusia dewasa.

Di sejumlah marketplace, harga bibit Anthurium Veitchii dijual sekitar lebih dari Rp1 juta, sedangkan yang Anthurium Veitchii King indukan dibanderol Rp25-35 juta.

Halaman 2>>>

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading