Harganya Tembus Rp 18 M, Ini 5 Tanaman Hias Paling Mahal

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 January 2021 11:27
Bonsai (Photo by Todd Trapani from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Sejak pandemi Covid-19, bertanam kini menjadi salah satu hobi yang semakin meningkat. Hal ini membuat berbagai tanaman hias semakin eksis di pasaran.

Bahkan kini ada beberapa tanaman hias yang memiliki harga yang melambung tinggi. Meski demikian, tanaman hias tersebut masih tetap diburu oleh pecintanya.


Berikut adalah beberapa tanaman hias dengan harga termahal di dunia menurut The Spurce.

1.Ketapang Biola

Fiddle leaf fig dikenal sebagai pohon kimunding atau ketapang biola. Tanaman hias ini populer karena daun yang lebar dan mengilap.

Karena dedaunannya yang cantik inilah diburu dan dicintai oleh banyak desainer interior. Permintaan yang banyak membuat harga tanaman hias ini melambung tinggi.

Di luar negeri, fiddle leaf dig dibanderol seharga US$80 sampai US$300 atau setara Rp 1,1 hingga Rp 4,2 juta (mengacu kurs Rp. 14.085,95).

Fiddle leaf fig mampu tumbuh hampir 50 kaki di hutan tropis. Tetapi jika dalam kondisi ruangan yang tepat, ia dapat tumbuh hingga 10 kaki.

Tanaman hias ini sangat sensitif terhadap kualitas udara. Mereka tidak menyukai udara kering atau angin, dan menyukai cahaya sinar matahari tidak langsung.

2. Monstera Variegata

Tanaman ini dicintai di Selandia Baru dan di belahan dunia lainnya termasuk Indonesia. Tanaman hias monstera merupakan salah satu tanaman paling populer di tahun 2020.

Namun, karena budidayanya yang lambat, tanaman ini menjadi sangat langka. Alhasil ia dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Monstera Variegata Deliciosa Albo (Tangkapan Layar Tokopedia/ taluplants)Foto: Monstera Variegata Deliciosa Albo (Tangkapan Layar Tokopedia/ taluplants)
Monstera Variegata Deliciosa Albo (Tangkapan Layar Tokopedia/ taluplants)

Secara global, tanaman jenis ini dijual seharga US$700 hingga US$5000, atau setara dengan Rp 9,8 juta hingga Rp70 juta.

Varigata hadir dalam berbagai bentuk dan corak yang cantik. Biasanya terdiri dari dua warna hijau dan putih.

3. Philodendron Minima

Selain monstera, philodendron minima juga termasuk tanaman hias yang populer. Dikenal sebagai mini monstera atau picolo, tanaman hias ini ditaksir sebesar US$50 hingga US$ 8. 150 atau setara Rp 702.100 hingga Rp 114 juta.

Tanaman hias ini memiliki harga yang mahal karena unik dan sangat langka. Philodendron minima yang berukuran kecil, hanya memiliki empat daun dan warna kuning yang menakjubkan di setiap daunnya.

Philodendron (Photo by Maahid Photos from Pexels)Foto: Ilustrasi Philodendron (Photo by Maahid Photos from Pexels)
Philodendron (Photo by Maahid Photos from Pexels)

4. Shenzen Nongke Orchid

Tanaman hias jenis anggrek ini juga menjadi salah satu tanaman termahal di dunia. Anggrek ini dibanderol seharga US$ 200 ribu atau setara Rp 2,8 miliar.

Bagaimana tidak, sebab anggrek nongke Shenzen sepenuhnya buatan manusia. Selama delapan tahun, para ilmuwan bekerja keras untuk membudidayakan bunga ini.

Para pecinta tanaman hias sepertinya juga harus memiliki kesabaran yang sama saat menanam tanaman hias ini. Sebab ia bisa memakan waktu antara empat hingga lima tahun untuk mekar.

Shenzhen Nongke Orchid (foto :WALLSDESK)Foto: Shenzhen Nongke Orchid (foto :WALLSDESK)
Shenzhen Nongke Orchid (foto :WALLSDESK)

5.Old Pine Bonsai

Siapa yang tak kenal dengan tanaman hias bonsai? Pohon bonsai menarik perhatian pecinta tanaman karena pohon berukuran kecilnya yang unik. Bonsai juga salah satu tanaman hias populer dan mahal.

Pinus putih merupakan salah satu jenis bonsai termahal karena berusia berabad-abad. Bonsai satu ini ditaksir seharga US$ 50 hingga US$ 1.3M atau setara dengan Rp 702.175 hingga Rp 18,2 miliar.

Ilustrasi Bonsai (Photo by Todd Trapani on Unsplash)Foto: Ilustrasi Bonsai (Photo by Todd Trapani on Unsplash)
Ilustrasi Bonsai (Photo by Todd Trapani on Unsplash)

Berita lengkapnya klik di sini >>>>


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Harganya Bisa Rp 100 Juta, Ini 5 Tanamah Hias Paling Diminati


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading