Harganya Bisa Rp 100 Juta, Ini 5 Tanamah Hias Paling Diminati

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
10 November 2020 10:03
tanaman hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Akibat pandemi Covid-19, sejumlah tanaman hias kini mendadak naik daun. Bahkan beberapa tanaman hias dengan bentuk unik dan tampilan indah turut menjadi populer.

Selain itu, kemudahan dalam perawatan juga menjadi salah satu alasan tanaman hias banyak diminati oleh masyarakat. Tak jarang tanaman tersebut banyak diburu sehingga membuat harganya selangit.

Berikut adalah lima tanaman hias termahal namun banyak diburu di Indonesia dikutip Hai Bunda.


Anggrek Hitam Papua
Anggrek hitam papua merupakan salah satu tanaman hias langka, bahkan terancam punah. Anggrek ini hidup di pedalaman hutan dan sulit dibudidayakan di luar habitat aslinya.

Bentuknya yang menarik dengan warna hitam legam dan putik merah cerah tentu membuat banyak kolektor tanaman ingin memilikinya. Tanaman ini pun tampak mencolok dibandingkan jenis tanaman anggrek lainnya.

Itu sebabnya tidak heran tanaman hias ini harganya selangit. Harganya bisa dibanderol hingga Rp100 juta.

Monstera Obligua
Salah satu tanaman hias yang jadi incaran para kolektor tanaman adalah monstera jenis obliqua. Tanaman hias ini sering disebut sebagai janda bolong.

Hanya saja, tanaman ini berbeda dengan janda bolong yang biasa ditemui. Tanaman hias monstera obliqua punya ciri khas seperti daun kering dan menggulung. Bentuknya yang unik ini membuat monstera obliqua dijual dengan harga tinggi.

Bahkan, ada tanaman hias monstera obliqua yang dijual seharga Rp30 juta per lembar daun. Sehingga total satu tanaman hias bisa mencapai ratusan juta.

monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)Foto: monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)
monstera obliqua (Detikcom/Grandyos Zafna)

Bonsai
Sejak dulu bonsai memang menjadi salah satu tanaman hias paling diminati dan dicari di Indonesia maupun di dunia. Tanaman hias ini juga dikenal memiliki harga yang relatif stabil.

Bonsai sendiri jenis dan dan bentuknya beragam. Untuk tanaman hias bonsai berukuran kecil, tapi biasanya harganya bisa mencapai sekitar Rp3 juta.

Sementara itu, bonsai yang cukup mahal yakni jenis bonsai kihujan emas, yang dibanderol mulai dari Rp2 juta hingga Rp4 juta. Untuk bonsai kimeng lebih mahal yakni yakni bisa mencapai Rp50 juta.

Flora dan Fauna Lapangan bantengFoto: Chandra Gian Asmara
Flora dan Fauna Lapangan banteng

Anthurium Veitchii
Tanaman hias Anthurium memang dikenal sebagai salah satu tanaman hias mahal. Salah satu jenis anthurium yang harganya selangit adalah anthurium veitchii.

Tanaman ini memiliki ciri daun berwarna hijau, dengan gelombang daunnya menjulur dan membentuk kerutan.

Di Indonesia, tanaman hias anthurium veitchii ukuran sedang dibanderol dengan harga yang cukup menguras dompet, yakni sekitar Rp5 juta. Sementara itu, untuk ukuran besar, harga tanaman hias ini bisa mencapai Rp15 juta.

Red Aglaonema
Aglaonema atau dikenal dengan sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias paling diminati dan banyak dimiliki masyarakat Indonesia. Seperti namanya, tanaman hias ini dianggap membawa keberuntungan dan mendatangkan rezeki.

Salah satu jenis tanaman hias sri rejeki yang paling dicari adalah red aglaonema, yang memiliki ciri khas daun berwarna merah. Bentuk tanaman hias yang cantik dan cerah ini membuat banyak orang meminatinya.

Tanaman hias yang satu ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta di marketplace online.

Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)Foto: Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)
Aglonema Sukson Jaipong (Tangkapan Layar Tokopedia/berkahqueen)

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading