Beyonce Sumbang Rp 7 M untuk Korban Penggusuran di AS

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 December 2020 10:30
FILE PHOTO:  Singer-Songwriter Beyonce Knowles arrives at the Metropolitan Museum of Art Costume Institute Gala (Met Gala) to celebrate the opening of

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyanyi Beyonce akan memberikan dana hibah sebesar US$ 5.000 atau setara Rp 70 juta per orang untuk membantu warga Amerika Serikat yang mengalami penggusuran atau penyitaan rumah akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari CNN, mereka yang menjadi korban dapat mengajukan permohonan mulai 7 Januari 2021. Hal ini ia umumkan melalui situs webnya. Hibah itu akan dikirim ke 100 orang yang dipilih pada akhir Januari. Ini artinya, total dana yang akan dihibahkan mencapai sekitar US$ 500.000 atau sekitar Rp 7 miliar.

"Beyonce melanjutkan dukungannya dengan membantu orang-orang yang paling membutuhkan. Fase kedua dari BeyGOODImpact Fund kali ini, akan membantu mereka yang terkena dampak dari krisis perumahan," tulis rilis berita di web tersebut.


Rilis itu juga menyebut bahwa moratorium perumahan akan berakhir pada 26 Desember, dan mengakibatkan penyitaan hipotek dan penggusuran sewa. Banyak keluarga terkena dampak, yang mengakibatkan hilangnya pekerjaan, sakit dan penurunan ekonomi secara keseluruhan.

Diperkirakan ada 9,2 juta penyewa yang kehilangan pendapatan selama pandemi terlambat membayar sewa, menurut analisis data Sensus oleh Pusat Prioritas Anggaran dan Kebijakan.

Setelah moratorium dicabut, banyak dari penyewa ini diharapkan untuk membayar seluruh uang sewa kembali atau membuat semacam rencana pembayaran dengan pemiliknya atau mereka bisa kehilangan rumahnya.

Mereka yang mengajukan hibah harus menyerahkan dokumentasi yang diperlukan ke National Association for the Advancement of Colored People (NAACP) sebelum batas waktu yang ditentukan.

Ini bukan kali pertama Beyonce membantu komunitas yang terkena pandemi. Sebelumnya, Beyonce lewat yayasannya, BeyGOOD telah bekerja sama dengan NAACP untuk mendukung bisnis kecil milik warga kulit hitam. Sejauh ini, ia sudah memberikan hibah masing-masing sebesar US$ 10.000 untuk 250 unit usaha kecil.

Pada Mei lalu, Beyonce juga menyiapkan situs pengujian Covid-19 seluler dengan ibunya Tina Knowles Lawson di kampung halaman mereka di Houston, Texas. Ia juga ikut menyumbang dalam kemitraan dengan Start Small Jack Dorsey senilai US$ 6 juta untuk bantuan corona pada April lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading