Catat! 6 Jawaban 'Haram' Saat Wawancara Kerja

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
17 December 2020 11:03
Business concept with copy space. Office desk table with pen focus and analysis chart, computer, notebook, cup of coffee on desk.Vintage tone Retro filter, selective focus. (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Wawancara kerja merupakan suatu gerbang utama dalam memulai bekerja dalam satu perusahaan. Saat itu, biasanya para HRD perusahaan atau perekrut akan menanyakan beberapa hal kecil dalam proses wawancara dengan Anda.

Berikut adalah enam jawaban yang harus dihindari jika Anda melakukan interview kerja, sebagai mana dikutip dari CNBC Make It.


1. Jangan Memulai dengan "Kelebihan Saya Adalah"

Jangan menjawab pertanyaan terlalu berlebihan. Apalagi dibumbuhi dengan 'kelebihan' diri yang terlalu banyak. Pewawancara bisa tidak terkesan.

Jawaban yang lebih tepat seharusnya 'Saya tidak takut untuk memimpin proyek, dan saya dapat melakukannya dengan sedikit panduan'. Berikan pula contoh beberapa proyek yang pernah dilakukan dan berhasil sukses.

2. "Dalam lima tahun, saya berharap berada di posisi Anda"

Jangan mengira bahwa calon bos akan tersanjung dengan jawaban ini tersebut. Malah, mereka hanya akan menganggapnya malas dan sembrono.

Ditakutkan pewawancara akan berasumsi bahwa Anda membayangkan berada di tempat mereka sekarang. Ini menunjukkan kurangnya komitmen.

Mulailah dengan posisi yang Anda lamar. Lalu soroti beberapa keterampilan utama yang diperlukan untuk pekerjaan itu, dan bagaimana Anda dapat mengembangkan keterampilan tersebut.

Ini menunjukkan bahwa Anda tidak hanya peduli dengan kemajuan karier Anda, tetapi Anda juga akan berdedikasi untuk membantu perusahaan tumbuh dalam jangka panjang.

HALAMAN 2>>>

HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading