7 Tanaman Aglaonema Merah Paling Hits, Ini Daftar Harganya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 December 2020 17:57
Aglaonema red peacock. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Tanaman hias aglaonema kini tengah populer di Indonesia. Bagaimana tidak, tanaman ini begitu cantik dan dapat tumbuh dengan baik di dalam ruangan.

Kerap dijuluki sebagai Ratu Daun yang eksotis, aglaonema memiliki beberapa jenis yang bisa menjadi pilihan pecinta tanaman. Namun dari beberapa jenis tersebut, aglaonema berwarna merah lah yang kerap diburu orang.

Berikut adalah tujuh jenis aglaonema merah yang paling populer beserta daftar harganya, seperti dikutip dari HaiBunda:


1. Aglaonema Red Kochin

Aglaonema red kochin menampilkan daun yang lebih banyak warna merah muda di bagian tengah, serta pinggiran yang berwarna hijau. Tanaman hias aglaonema red kochin berbentuk bulat dan besar saat ditanam di satu pot besar.

Biasanya tanaman hias aglaonema red kochin diletakkan di tempat yang teduh. Media tanamnya menggunakan tanah humus atau kompos, dengan minimal dua kali penyiraman dalam sehari. Lalu, untuk pupuk sebaiknya diberikan sebulan sekali saja.

Tanaman hias aglaonema red kochin bisa dibeli di toko online maupun offline. Harganya di kisaran Rp 150.000-Rp250.000.

Aglaonema red kochin. IstFoto: Aglaonema red kochin. Ist
Aglaonema red kochin. Ist


2. Aglaonema Lipstik Siam Aurora

Cantiknya aglaonema lipstik siam aurora memang tak dapat dipungkiri. Terlebih saat tumbuh dengan lebat dan daun merahnya begitu menarik perhatian.

Dinamakan lipstik karena pinggir daunnya berwarna merah layaknya perona bibir, serta dipertegas pula dengan warna hijau yang mengilap. Aglaonema lipstik siam aurora memiliki harga yang terjangkau yaitu kisaran Rp 25.000-Rp250.000.

Aglaonema lipstik siam aurora. IstFoto: Aglaonema lipstik siam aurora. Ist
Aglaonema lipstik siam aurora. Ist


3. Aglaonema Adelia

Tanaman hias aglaonema adelia memiliki bentuk daun yang paling besar di antara jenis lainnya.

Daunnya berbentuk runcing di ujung, dengan warna merah yang terang. Bentuk daunnya yang mengilap menambah pesona indahnya tanaman ini.

Tanaman hias ini bisa tumbuh mencapai 30 cm, apalagi kalau ditanam dengan menggunakan tanah yang gembur. Aglonema adelia dijual dengan harga rata-rata di atas Rp 100.000.

Aglaonema adelia. IstFoto: Aglaonema adelia. Ist
Aglaonema adelia. Ist


4. Aglaonema Pride of Sumatra

Aglaonema pride of Sumatra termasuk salah satu jenis aglaonema merah. Tanaman ini memiliki daun berwarna merah marun, dengan ukuran pipih memanjang.

Daun tanaman hias aglaonema pride of Sumatra juga memiliki corak bergaris-garis dan terlihat sangat memiliki karakter yang berbeda dari jenis lainnya.

Dengan keunikannya, aglaonema pride of Sumatra menjadi salah satu jenis tanaman aglaonema termahal. Tanaman hias aglaonema pride of Sumatra dijual dengan kisaran harga Rp 175.000-Rp 900.000.

Aglaonema pride of Sumatra. IstFoto: Aglaonema pride of Sumatra. Ist
Aglaonema pride of Sumatra. Ist


5. Aglaonema Red Peacock

Tanaman hias yang juga disebut dengan aglaonema widuri ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu daun hijau dengan urat berwarna merah tepat di bagian tengahnya.

Tanaman hias aglaonema red peacock juga memiliki garis putih, tapi lebih didominasi dengan warna merah. Cantik banget ditanam di pot kecil, lalu menjadi tanaman hias indoor.

Aglaonema red peacock dijual dengan kisaran di atas Rp 120.000, tergantung juga dengan ukuran tanaman hias ini.

Aglaonema red peacock. IstFoto: Aglaonema red peacock. Ist
Aglaonema red peacock. Ist


6. Aglaonema Suksom

Aglaonema suksom memiliki warna merah terang yang menyala. Hampir keseluruhan permukaan daunnya berwarna merah. Hanya sedikit pinggirannya yang dikelilingi dengan garis berwarna hijau mengilap.

Fakta menarik, aglaonema suksom memiliki klorofil yang sedikit, agak berbeda dengan aglaonema lainnya.

Tampilan yang unik ini membuat harganya tidak murah. Tanaman hias aglaonema suksom dijual dengan harga sekitar Rp 135.000-Rp 450.000.

Aglaonema suksom. IstFoto: Aglaonema suksom. Ist
Aglaonema suksom. Ist


7.Aglaonema Harlequin

Jenis tanaman hias ini agak berbeda dari aglaonema yang lainnya karena sangat menyukai cahaya.

Semakin diletakkan di tempat yang terang, aglaonema harlequin mengeluarkan warna merah yang makin cantik. Sebaiknya jangan meletakkan aglaonema harlequin dalam waktu lama di tempat dengan sinar matahari langsung.

Untuk harga tanaman hias aglaonema harlequin, kisarannya Rp 300.000 hingga jutaan rupiah.

Aglaonema harlequin. IstFoto: Aglaonema harlequin. Ist
Aglaonema harlequin. Ist

[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading