5 Tanaman Hias Outdoor Tetap Kuat Dirawat di Dalam Rumah

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 December 2020 17:10
kembang sepatu. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki kebun sendiri di rumah tentunya sangatlah menyenangkan. Meski begitu, bagi yang tidak punya halaman luas, hal ini tampak terasa mustahil.

Namun, ternyata ada beberapa tanaman hias luar ruangan (outdoor) yang bisa dipilih untuk ditanam di dalam rumah. Bahkan, tanaman itu masih bisa hidup dan tetap kuat.

Berikut adalah beberapa tanaman hias cantik outdoor yang bisa ditanam di dalam rumah, seperti dikutip dari HaiBunda.


1. Begonia

Merupakan salah satu tanaman hias yang kini populer di kalangan kolektor tanaman. Hal ini karena begonia memiliki banyak variasi dedaunan yang membuatnya tampak cantik untuk dikoleksi.

Tanaman begonia memiliki warna, pola, tekstur yang tidak biasa. Bunganya berwarna merah, merah mudah, ungu, perak, hingga cokelat. Kecantikannya bisa memikat mata mereka yang menanamnya.

Meskipun begonia nampak sulit tumbuh di dalam ruangan karena lebih menyukai kelembapan tinggi, tetapi bukanlah hal mustahil untuk merawatnya jadi tanaman indoor. Begonia membutuhkan cahaya matahari parsial.

Sementara itu, jika ingin menyiramkannya, pastikan siram saat tanah sudah mulai mengering.

Begonia (Image by Marjon Besteman-Horn from Pixabay)Foto: Begonia (Image by Marjon Besteman-Horn from Pixabay)
Begonia (Image by Marjon Besteman-Horn from Pixabay)


2. Geranium

Tanaman hias geranium biasanya tumbuh subur di taman atau luar ruangan.

Tanaman ini mekar dengan cantik di musim semi.

Selain di taman, geranium dapat ditanam di luar ruangan dalam pot, ini akan sangat baik karena akarnya tidak akan terganggu.

Di sisi lain, Anda juga bisa memasukkannya ke dalam ruangan. Hanya saja, pastikan untuk menempatkan tanaman pada bagian rumah yang terkena sinar matahari penuh.

Geranium. IstFoto: Geranium. Ist
Geranium. Ist


3. Caladium

Caladium atau tanaman keladi adalah salah satu tanaman hias yang sedang diminati banyak orang. Tanaman ini bisa tumbuh di luar maupun di dalam ruangan.

Keladi tidak suka udara dingin ekstrem, lebih suka suhu berkisar antara 15 hingga 29 derajat Celsius. Jika ingin menanamnya, masukkan ke dalam pot dan tempatkan di tempat sejuk dan kering.

Caladium membutuhkan sinar matahari tidak langsung, serta kelembapan yang normal, yakni tidak lembap namun juga tidak basah.

caladium. IstFoto: caladium. Ist
caladium. Ist


4. Kembang Sepatu

Kembang Sepatu beradaptasi dengan baik di dalam ruangan dan dapat mekar sepanjang musim dingin jika disimpan di jendela yang sangat cerah dengan cahaya langsung yang terang.

Jika Anda tidak memiliki jendela ideal yang hangat dan cerah, pilihlah tempat yang sejuk dengan cahaya sedang.

Kembang Sepatu sendiri memiliki varietas bunga dengan warna yang cantik, yakni merah, pink, oranye, kuning, persik, hingga ungu. Anda perlu menyiram tanaman setiap hari agar ia tumbuh subur. Tanaman ini juga butuh matahari penuh hingga teduh parsial untuk perkembangannya.

kembang sepatu. IstFoto: kembang sepatu. Ist
kembang sepatu. Ist


5.Tanaman herbal

Banyak tumbuhan tumbuh dengan baik di dalam ruangan. Di antara tanaman herbal itu seperti basil, peterseli, lemongrass/ serai/ sereh, kemangi, daun bawang, rosemary, dan lainnya.

Daun bawang adalah yang sangat mudah ditanam di dalam ruangan. Bahkan, jika mereka kedinginan, mereka akan meremajakan diri di dalam ruangan dalam pot. Tanaman keras, seperti serai dan rosemary juga dapat ditanam dalam pot di dalam rumah.

Pangkas dan gunakan tanaman herbal untuk menjaganya tetap lebat dan penuh. Untuk penyiraman, Anda hanya perlu menyiram dengan air secukupnya setelah bibit bertunas.

rosemary. IstFoto: rosemary. Ist
rosemary. Ist

[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading