5 Sifat Sukses Orang Kaya, dari Jeff Bezos hingga Elon Musk

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
25 November 2020 10:42
bezoz

Jakarta, CNBC Indonesia - Menjadi sukses tentu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Perlu banyak hal dan kerja keras.

Namun, ada beberapa ciri dan karakteristik utama bisa dipelajari dari orang-orang sukses seperti Jeff Bezos dan Bill Gates. Berikut adalah beberapa sifat penting harus dimiliki, dikutip dari CNBC International:


1. Jangan Pernah Puas

Terus berkembang dan berinovasi penting. Katakanlah kita telah mencapai semua tujuan Anda tahun ini. Lalu, apakah kita bisa mempertahankan tujuan tersebut untuk tahun depan?

Begitulah cara pikiran Bezos saat bekerja. Dia selalu memikirkan hal besar berikutnya. Misalnya, bagaimana model layanan pelanggan yang sukses bisa menjadi lebih sukses?

"Itu sifat manusia ... Anda tidak bisa berpuas diri di dunia ini," tulis Bezos dalam surat pemegang saham tahunan Amazon 2017.

2. Jangan Biarkan 'Pencemooh' Menghalangi

Setiap orang memiliki ide jutaan dolar di dalamnya. Tapi butuh keberanian dan keberanian untuk maju dengan ide-ide itu, terutama ketika banyak orang menghalangi kita. 

Itulah yang terjadi pada pendiri perusahaan celana dan legging, Spanx, Sara Blakely. "Mereka mengatakan hal-hal seperti ... Beberapa orang menertawakan saya, yang lain berbisik di belakang saya," katanya.

Meskipun Blakely tidak pernah mengambil kelas desain bisnis atau pakaian dalam hidupnya, dia percaya pada idenya. Dia tahu kegagalan adalah sebuah kemungkinan, tetapi itu adalah hal yang baik dia tidak membiarkan orang-orang yang tidak setuju itu mematahkan semangatnya.

3. Jago Berbicara di Depan Umum

Tidak ada yang terlahir dengan keterampilan komunikasi yang baik. Sama seperti belajar mengendarai mobil, kemampuan berbicara dengan percaya diri dan jelas di depan umum membutuhkan latihan.

Setelah lulus, Buffett mendaftar untuk kursus berbicara di depan umum Dale Carnegie. Tumbuh dengan ketakutan berbicara di depan umum, dia tahu bahwa dia perlu mengatasi ketakutannya untuk menjadi sukses.

"Saya tidak memiliki ijazah saya dari Universitas Nebraska yang tergantung di dinding kantor saya, dan saya juga tidak memiliki ijazah dari Columbia di atas sana - tetapi saya memiliki sertifikat kelulusan Dale Carnegie saya dengan bangga ditampilkan," tulis investor miliarder itu dalam buku "Getting There: A Book of Mentors".

4. Fokus dan Jangan Menunda-Nunda

Kita hidup di dunia yang sangat mengganggu. Dan meskipun penting untuk memprioritaskan keseimbangan kehidupan kerja, orang terkaya tidak menjadi kaya dengan bersikap santai pada diri mereka sendiri dan membiarkan terjadinya penundaan.

Selama wawancara dengan saudaranya Mark di Summit Series di Los Angeles, Bezos mengungkapkan bagaimana dia mempertahankan fokusnya. Caranya, dengan hanya menangani satu hal pada satu waktu.

"Saat saya makan malam dengan teman atau keluarga, saya suka melakukan apa pun yang saya lakukan," katanya, menurut TechCrunch.

"Saya tidak suka melakukan banyak hal. Jika saya membaca email saya, saya ingin membaca email saya. "

Elon Musk juga demikian. Seorang teman kuliah Musk, Navaid Farooq, menyebut CEO Tesla sebagai intens dan ngotot.

"Ketika Elon terlibat dalam sesuatu, dia mengembangkan tingkat minat yang berbeda ini daripada orang lain," kata Farooq, menurut buku "Elon Musk: Tesla, SpaceX, dan Quest for a Fantastic Future," oleh Ashlee Vance.

"Inilah yang membedakan Elon dari umat manusia lainnya."

5. Terobsesi pada Buku

Apa yang Anda lakukan dengan waktu luang Anda berdampak besar pada kesuksesan Anda. Salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu di luar jam kerja Anda dengan menyerap pengetahuan bahkan tentang topik di luar karier Anda melalui buku.

"Tidak ada, tidak satu pun atau aktivitas, yang dapat menggantikan pengalaman membaca yang baik dibawa ke negeri lain, alam lain, melalui kata-kata dan bahasa," tulis Oprah Winfrey dalam artikel di situsnya.

Sang maestro media juga membagikan kebiasaan membacanya kepada dunia melalui klub bukunya yang populer.

Beberapa pengusaha juga memuji keberhasilan mereka membaca. Buffett menghabiskan lima sampai enam jam sehari untuk membaca koran dan laporan perusahaan.

Sementara itu, Bill Gates membaca 50 buku per tahun. Dan Mark Cuban mengatakan dia membaca lebih dari tiga jam hampir setiap hari.




[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading