Ibu-ibu Hits, Ini Tanaman Hias Cocok buat Pemula & Pengalaman

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 November 2020 10:09
Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)

Jakarta, CNBC Indonesia - Saat ini, bercocok tanam mendadak menjadi primadona di tengah masyarakat. Meski begitu, apakah perawatan tanaman tersebut mudah dilakukan bagi pemula yang ingin bercocok tanam?

Tentu saja hal tersebut perlu dibuktikan, namun  bagi pemula, ada baiknya untuk memilih secara tepat tanaman hias yang mudah dalam perawatannya agar tidak cepat mati.




Berikut adalah tanaman hias yang cocok bagi pemula dan berpengalaman menurut pakarnya dilansir NYMAG.

Tanaman hias bagi pemula:



Watermelon Peperomia

Genus Peperomia sangat direkomendasikan oleh banyak pakar. Ariel Ries, spesialis tanaman di Tula Plant & Design di New York, setidaknya menyarankan ini.

Sebagian besar varietas ini hanya dapat bertahan pada waktu kering dan berbagai kondisi cahaya. Tanaman ini juga bisa memberikan sedikit warna yang memanjakan mata.

Peperomia corak daunnya yang unik menyerupai kulit buah semangka. Di market place Indonesia harganya mulai puluhan ribu rupiah.

tanaman hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)Foto: tanaman hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
tanaman hias (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)



Peperomia Obtusifolia (Peperomia Hijau Polos)

Peperomia Obtusifolia memang sangat gampang tumbuh dan dirawat. Hanya dengan mematahkan batang dan menancapkannya ke tanah, tanaman ini bisa tumbuh banyak.

Meski kurang terkenal, keunggulannya ini cocok untuk pecinta tanaman hias pemula. Ini dikatakan Summer Rayne Oakes, penulis buku yang akan datang How to Make a Plant Love You.

Para ahli menyebut bahwa tanaman ini membutuhkan cahaya matahari secara tidak langsung. Untuk alasan ini, para ahli mengatakan bahwa penting untuk menggunakan penanam dengan lubang drainase dan tanah pot yang memiliki drainase yang baik.

Walisongo Hijau

Arboricola Schefflera atau dikenal dengan walisongo hijau, umumnya dikenal sebagai tanaman payung dan minim perawatan. Tanaman serba guna ini dapat tumbuh cukup tinggi dan memiliki ukuran serta bentuk yang tepat untuk mengisi sudut dengan baik.

Para ahli menyarankan untuk menyimpannya di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah dan menyiram setiap minggu untuk hasil terbaik.

Sansevieria Cylindrica

Tanaman ini adalah bentuk lain dari lidah mertua. Para ahli yakni Chantal Aida Gordon dan Ryan Benoit mengatakan bahwa tanaman ini begitu istimewa daripada varietas daun datar yang lebih umum.

Baik Darryl Cheng, penulis The New Plant Parent, dan Heibel merekomendasikan Sansevieria cylindrica untuk tanaman bagi pemula. Karena perawatannya yang tidak ribet. Tanaman ini sangat fleksibel bisa menerima cahaya langsung maupun tidak.

Chinese Dollar

Tanaman ini adalah tanaman sukulen yang luar biasa dari Madagaskar dan memiliki bentuk yang unik sehingga. Ini bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari langsung tetapi ataupun minim cahaya.

Hal tersebut menjadikannya tanaman sempurna bagi siapa saja yang memiliki banyak jendela, sering bepergian, atau pelupa.  Warna daun melingkar ini adalah warna hijau-abu-abu mint yang sangat menonjol di antara warna hijau cerah pada sebagian besar tanaman dalam ruangan.

Tanaman hias bagi yang berpengalaman
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading