Suka Lupa Siram Tanaman? Rawat Aja 9 Tanaman Hias Ini

Lifestyle - Wilda Asmarini, CNBC Indonesia
09 November 2020 20:15
A bumblebee flies beyond lavender blossoms in Vienna, Austria June 17, 2018.  REUTERS/Lisi Niesner

Jakarta, CNBC Indonesia - Merawat tanaman hias memang menjadi hobi yang tengah digandrungi banyak orang, baik wanita maupun pria, di kala pandemi ini. Untuk merawat tanaman hias memang diperlukan ketelatenan agar tanaman tersebut tetap tumbuh dengan cantik dan baik.

Agar tumbuh cantik, maka tanaman hias harus disiram setiap hari. Tapi, tak jarang kita melupakannya karena adanya kesibukan pekerjaan. Nah, bagi Anda yang kadang lupa dan melewati menyiram tanaman hias, kini tak perlu khawatir.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang memang tak perlu disiram setiap hari. Mengutip dari HaiBunda pada Senin (09/11/2020), berikut daftar tanaman hias tersebut:


1. Amarilis
Tanaman hias ini bisa dikatakan sangat mudah dirawat karena dapat bertahan hidup selama dua hari walaupun tidak disiram. Padahal untuk tanaman hias biasa mungkin akan layu bahkan mati bila tidak disiram selama dua hari berturut-turut.
Tanaman hias amarilis tetap indah dan tak kalah dengan tanaman hias lainnya yang setiap hari disiram.

2. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki warna hijau yang cantik. Bagian dalamnya terdapat gel berwarna putih. Anda bisa menanam tanaman hias ini dengan campuran tanah, perlite, dan pasir bangunan. Lalu, jangan lupa menaruhnya tepat di bawah pancaran sinar matahari langsung.

Lidah buaya dapat ditanam di pot kecil ataupun langsung di halaman rumah. Jika dirasa tanahnya mulai mengering, maka Anda dapat menyiramnya.

3. Cakar Beruang
Namanya memang agak seram, tapi cakar beruang ini memiliki bunga yang sangat cantik berwarna pink, oranye, dan kuning. Bentuk dari tanaman ini pun menyerupai cakar beruang.

Daunnya berwarna hijau dan ditumbuhi bulu harus berwarna putih. Cara merawatnya pun mudah, cukup disiram ketika merasa tanahnya sudah mengering.

4. Siklok
Tanaman hias siklok memiliki ciri khas daun yang panjang dan runcing ke atas. Tanaman hias ini cocok bagi Anda yang memiliki rumah tidak terlalu besar, karena ukuran siklok yang tidak memakan banyak tempat.

Tanaman hias ini dapat bertahan hidup tanpa air. Siklok dapat ditempatkan dalam cuaca yang panas. Ketika Anda lupa menyiramnya, maka dia akan tetap hidup dan tumbuh sempurna.

5. Bunga Sepatu
Bunga Sepatu dapat hidup selama dua minggu tanpa disiram.

6. Donkey Tail
Ini jenis tanaman hias digantung, berbentuk seperti buah anggur berwarna hijau. Uniknya, tanaman hias donkey tail tidak dapat menampung air terlalu banyak, karena dapat menyebabkannya cepat mati. Tanaman ini lebih cocok berada di tempat bersuhu panas. Teras rumah cocok untuk dihiasi tanaman ini.

7. Lavender
Tanaman hias yang memiliki warna ungu ini digemari banyak orang. Sudah cantik, dapat memberikan manfaat pula. Bunga lavender ini diketahui dapat mengusir nyamuk dengan aroma yang ia miliki. Cocok untuk dijadikan tanaman hias di teras rumah.

Untuk perawatannya, Anda hanya cukup menaruhnya di bawah sinar matahari yang cukup. Anda pun tidak perlu menyiramnya terlalu sering ya.

8. Bunga Lili
Tanaman berwarna putih, merah muda dan ungu ini tepat jika ditaruh di meja dengan pot berukuran kecil.

Tanaman hias ini membutuhkan cahaya rendah, suhu ruang yang sedang, serta tanah yang lembab. Anda pun tak perlu menyiramnya setiap hari.

9. Tanaman Laba-Laba
Tanaman hias ini memiliki bentuk yang panjang dan menjuntai ke bawah. Anda sebaiknya menanam tanaman ini di dalam pot agar lebih menarik ketika ditaruh di luar atau pun di dalam rumah.

Tanaman hias laba-laba hanya membutuhkan dua sumber kekuatannya yaitu air dan cahaya. Dengan begitu, merawatnya tak sulit.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Populer Sejak Pandemi, 5 Tanaman Hias Harganya 'Gokil'


(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading