Lifestyle

Dear Ibu-ibu Hits, Ini 8 Tanaman Hias Lagi Tren Mudah Dirawat

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 October 2020 11:48
Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)

Jakarta, CNBC IndonesiaTanaman hias belakangan ini semakin menarik dan digandrungi banyak kalangan. Ini tak terlepas dari mudahnya proses penanaman hingga perawatannya.

Tak seperti tanaman pada umumnya, tanaman hias juga dapat dipelihara tanpa menggunakan tanah dan hanya dengan air atau cahaya matahari. Sejumlah tanaman hias pun kerap dipilih untuk menyegarkan suasana.



Lantas apa saja itu? Berikut sederet tanaman hias yang lagi hits:

Monstera

Tanaman yang satu ini lebih dikenal dengan nama 'Janda Bolong'. Nama tersebut sesuai dengan bentuk unik dari daunnya yang berlubang-lubang.

Monstera bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga 130 meter. Siapa sangka, tanaman hias asal Amerika Tengah ini bisa menembus harga puluhan hingga ratusan juta rupiah.


Tanaman hias  monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via DetikcomFoto: Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom
Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom



Sansevieria

Lebih dikenal dengan nama 'Lidah Mertua, tanaman hias ini, tak hanya cantik sebagai hiasan, namun juga mudah perawatannya.

Tanaman ini juga memiliki segudang manfaat, seperti membersihkan udara dari polusi, sebagai aroma terapi, dan juga menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya.

Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)Foto: Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)
Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)



Calathea Cynthia

Tanaman jenis Calathea, terkenal dengan coraknya yang cantik-cantik. Jenis-jenis tanaman Calathea sebenarnya ada banyak.

Namun untuk jenis satu ini, biasa disebut sebagai Calathea mutasi. Sebab, terdapat semburat hijau muda dan pink pada daunnya.

Calathea CynthiaFoto: Calathea Cynthia
Calathea Cynthia



Cryptanthus Red

Tanaman cantik ini memiliki bentuk seperti bintang. Warnanya merah yang membuat tanaman ini banyak dicari orang.

Meski begitu, untuk merawat tanaman ini Anda harus memastikan bahwa cahaya yang didapatkannya maksimal. Sebab jika ditempatkan di ruang minim cahaya, warna yang dikeluarkan akan pudar.

Cryptanthus RedFoto: Cryptanthus Red
Cryptanthus Red


Chinese Money

Chinese Money adalah jenis tanaman pilea. Tanaman dari provinsi Yunnan dan Sichuan, China Selatan ini paling diburu orang ini karena memiliki daun bundar berwarna hijau gelap dan batang. Tanaman ini adalah spesies tumbuhan berbunga dari keluarga jelatang Urticaceae.

Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)Foto: Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)
Tanaman hias Chinese Money (Haibunda.com)



Kaktus

Kaktus adalah anggota tumbuhan berbunga famili Cactaceae. Kaktus dapat tumbuh pada waktu yang lama tanpa air dan biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering (gurun).

Namun yang perlu diperhatikan, sinari kaktus beberapa kali seminggu agar batang tidak busuk.

pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)Foto: Tanaman Hias Kaktus CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)



Hosta

Merupakan tanaman berwarna hijau, emas, dan biru, serta warna lainnya. Warna putih dan emas yang lebih cerah memantulkan cahaya halus dan meramaikan tanaman di sekitarnya.

Meskipun dikenal sebagai tanaman peneduh, ada beberapa varietas inang yang dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh dan meningkatkan nilainya di taman. Seringkali, tangkai bunga dipotong sebelum mekar, memungkinkan tanaman untuk fokus menumbuhkan daunnya yang cantik.

Sri Rezeki

Aglaonema atau Sri Rezeki adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan atau Araceae. Genus Aglaonema memiliki sekitar 30 spesies. Tanaman hias daun ini berdaun merah muda.

Merawat tanaman ini tidak sulit. Tanaman dapat tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi.

pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)Foto: Aglaonema CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Deretan Tanaman yang Harganya Pernah Melambung Lalu Jatuh


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading