Dear Ibu-ibu Hits, Ini 10 Tanaman Hias Terlaris Saat Ini

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
30 October 2020 10:55
pilea

Jakarta, CNBC Indonesia - Merawat tanaman hias kini jadi hobi yang dipilih bagi sebagian orang. Tidak hanya untuk kesenangan semata, merawat tanaman juga menjadi ladang bisnis baru.

Sebelum memutuskan untuk terjun bertanam, ternyata ada berbagai jenis tanaman hias yang paling hits dan laris manis. Berikut beberapa tanaman terlaris yang bisa menjadi refrensi untuk bertanam menurut Apartment Therapy.


1. Pothos

Pothos adalah tanaman hias yang populer karena sifat tahan bantingnya atau sulit mati. Tanaman ini tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya, meskipun yang terbaik adalah menghindari sinar matahari langsung.

Tanaman ini akan tumbuh sempurna ketika tanahnya mengering di antara penyiraman. Ia dikenal juga nama siri gading.

Sirih GadingFoto: Sirih Gading
Sirih Gading

2.Monstera

Tanaman monstera semakin populer selama bertahun-tahun. Ini membangun reputasi sebagai tanaman 'Instagrammable' teratas.

Monstera lebih cocok tumbuh pada kelembapan tinggi dan pencahayaan tidak langsung. Anda dapat menyirami seperempat hingga sepertiga bagian atas jika tanah terasa kering.

Tanaman hias  monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via DetikcomFoto: Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom
Tanaman hias monstera koleksi Rosyid Ridho Pratidinal Jadid Foto: dok pribadi via Detikcom



3. Kaktus

Seperti kebanyakan tanaman sekulen, kaktus cukup mudah dirawat. Tanaman ini dapat tumbuh cukup banyak di mana-mana kecuali tempat dengan suhu beku.

Ini juga merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini punya karakter memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air

pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)Foto: tanaman hias kaktus CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto
pameran flona di Lapangan banteng, sabtu (11/8/2018). (CNBC Indonesia/ Andrean Kristianto)


4. Philodendron

Jenis tanaman hias yang satu ini kerap dijadikan aksesoris yang digantung di beberapa sudut ruangan atau teras rumah.

Karakteristik yang dimiliki Philodendron memiliki warna yang apik dengan bentuk daun yang khas. Tanaman hias yang satu ini memiliki lebih dari 500 spesies di seluruh dunia.

Tiap spesies punya keunikan tapi sekaligus kemiripan masing-masing. Contohnya untuk spesies Micans, sangat terkenal dengan karakteristik daunnya yang berwarna hijau ke arah marun.

PhilodendronFoto: Philodendron
Philodendron

5. Calathea

Calathea dikenal mampu tumbuh dan beradaptasi di daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman ini juga memiliki khas corak garis berkelir merah muda menyerupai coretan lipstik.

Inilah yang, barangkali jadi salah satu daya tarik bagi sebagian penyuka tanaman hias.

Calathea CynthiaFoto: Calathea Cynthia
Calathea Cynthia

6. Pakis

Ada banyak variasi pakis, dan kebanyakan dari mereka tidak akan masuk dalam daftar tanaman hias yang paling mudah dirawat.

Pakis sarang burung, misalnya, membutuhkan penyiraman yang konsisten dan cahaya tidak langsung, dan para ahli menyarankan untuk menyimpannya di kamar mandi, karena ia menyukai kelembapan.

PakisFoto: Pakis
Pakis

7. Hoya

Tanaman hias yang satu ini punya karakter menyerupai bunga plastik. Tekstur bunganya yang kasar dan berkilau warna-warni membuat orang awam bertanya-tanya apakah ini asli atau tidak.

Tanaman hias dari Asia Timur ini memang jarang ditemukan di toko bunga. Sekalipun begitu, Anda perlu tahu beberapa jenis tanaman Hoya yang bisa dibudidayakan di antaranya Hoya Cinnamomifolia purpureofusca, Verticillata, Parasitica, Cumingiana (terestrial) serta Diversifolia.

Hoya CompactaFoto: Hoya Compacta
Hoya Compacta

8. Peperomia

Rumah Anda tidak terlalu luas dan sedikit mendapatkan sinar matahari? Jika iya, peperomia adalah pilihan bagus yang dapat bertahan dengan kedua faktor ini.

Tanaman ini memiliki berbagai warna dan bentuk, dan dapat bertahan berminggu-minggu tanpa air. Serta tumbuh dengan baik dalam cahaya sedang dengan naungan parsial.

PeperomiaFoto: Peperomia
Peperomia

9. Lidah Mertua

Dikenal karena sifat cahaya yang rendah dan perawatan yang rendah, tanaman lidah mertua adalah pilihan lain bagi mereka yang memiliki sinar matahari yang sangat terbatas di rumah mereka.

Jadi jika Anda membutuhkan sedikit tanaman hijau di kamar mandi dan membutuhkan sedikit cahaya, ini sangat tepat untuk Anda.

Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)Foto: Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)
Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua (Ist Detikcom)

10. Zamioculcas Zamiifolia (ZZ)

Tanaman hias ini berasal dari Afrika bagian timur, dan dapat bertahan dari kekeringan dan kondisi cahaya redup. Tanaman ZZ tumbuh paling baik di bawah sinar matahari cerah hingga sedang yang tidak langsung.

ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)Foto: ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)
ZZ (Zamioculcas Zamiifolia)

Artikel Selanjutnya

Janda Bolong Lagi Hits, Ini Cara Bedakan yang Mahal & 'Palsu'


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading