Lifestyle

Crazy Rich Kebal Corona, Kekayaan Miliuner India Naik 14%

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
09 October 2020 08:14
Mukesh Ambani, Chairman and Managing Director of Reliance Industries, reacts during the 2011 spring membership meeting organised by the Institute of International Finance (IIF) in New Delhi March 4, 2011. REUTERS/B Mathur/Files

Jakarta, CNBC Indonesia - India merupakan salah satu negara yang paling terpukul parah karena Covid-19. Setidaknya, sudah lebih dari 6 juta kasus telah dilaporkan dari negara Bollywood tersebut.


Hal ini juga berimbas pada kontraksinya ekonomi di kuartal II 2020 sebesar -23,9%. Namun, terlepas dari kesulitan ini sebagaimana ditulis Forbes, setengah dari 100 orang terkaya di negara itu telah memperoleh keuntungan, di mana secara kolektif kekayaannya naik 14% menjadi Us $ 517,5 miliar dari tahun sebelumnya.



Lebih dari setengah dari peningkatan itu disumbang dari salah satu orang terkaya Asia, Mukesh Ambani. Pria itu menambahUS $ 37,3 miliar ke kekayaannya, naik 73% menjadi kekayaan bersih $ 88,7 miliar. 


Saham Reliance Industries juga melonjak di tengah India memberlakukan lockdown. Ambani mengumpulkan lebih dari US$ 20 miliar untuk Jio Platforms, cabang digital Reliance yang berkembang pesat, dari serangkaian investor terkemuka yang mencakup Facebook dan Google.

Kekayaan yang meningkat juga terjadi pada Gautam Adani. Orang terkaya kedua di India ini mencatat kekayaan bersihnya naik 61% menjadi US$ 25,2 miliar.

Tidak terpengaruh oleh perlambatan perjalanan yang disebabkan pandemi, Adani, yang bercita-cita menjadi raja bandara India, mengakuisisi 74% saham di bandara Mumbai. Bandara ini adalah yang kedua tersibuk di negeri itu.

Taipan teknologi Shiv Nadar, juga mencatat kenaikan kekayaan menjadi US$ 20,4 miliar karena saham perusahaan teknologi terbesar ketiga di India melonjak. Kekayaan miliuner vaksin India, Cyrus Poonawalla, juga naik 26% menjadi $ 11,5 miliar.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading