Lifestyle

Jennie BLACKPINK Banjir Protes, Ada Apa?

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
07 October 2020 10:07
Jennie Kim of BLACKPINK performs at the Coachella Music & Arts Festival at the Empire Polo Club on Friday, April 12, 2019, in Indio, Calif. (Photo by Amy Harris/Invision/AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Adegan Jennie Kim, salah satu anggota girlband BLACKPINK, yang mengenakan pakaian a la perawat dalam video musik "Lovesick Girls" diprotes. Postingan media sosial dengan tagar seperti #Stop_Sexualizing_Nurses dan #nurse_is_profession ramai mengomentari kemunculan video klip itu.

Ini akhirnya membuat YG Entertainment, agensi yang menaungi BLACKPINK, mempertimbangkan untuk mengedit adegan tersebut. Dalam pernyataan resmi yang dirilis Selasa (6/10/2020) pagi, YG Entertainment menegaskan tidak ada niat khusus terhadap profesi tertentu.


"Adegan yang menunjukkan perawat dan pasien di MV 'Lovesick Girls' berasal dari lirik 'Tidak ada dokter yang bisa membantu ketika saya mabuk cinta'," ujar agensi itu dikutip dari The Korea Herald.

"Kami tidak memiliki niat khusus dan khawatir dengan pandangan yang menyimpang. Kami meminta agar orang-orang menonton video klip sebagai genre seni independen dan memahami bahwa adegan tersebut tidak memiliki maksud lain selain mengekspresikan musik."

"Para produser sedang mempertimbangkan dan berdiskusi untuk mengedit adegan tersebut."

Tanggapan YG Entertainment datang sehari setelah Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea (KHMU) memosting komentar di halaman web yang mengkritik YG atas gambaran seksual perawat. Dalam video itu Jennie berpakaian seperti perawat dengan sepatu hak tinggi berwarna merah dan kostum perawat berwarna putih.

"Meskipun banyak perawat berjuang untuk mengurangi gambaran seksual perawat, pada tahun 2020 ketika pembicaraan tentang hak-hak perempuan lebih aktif dari sebelumnya, YG Entertainment secara seksual menampilkan seorang perawat dalam MV BLANCKPINK-nya," kata KHMU.

"Jika budaya pop mengulangi citra perawat yang terdistorsi, situasinya akan menjadi lebih buruk."

Video musik "Lovesick Girls" sendiri telah ditonton lebih dari 100 juta kali di YouTube. Album ini mencapai No. 1 di iTunes di lebih dari 50 wilayah setelah dirilis pada Kamis (1/10/2020) lalu.




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading