Lifestyle

Gokil! Kekayaan Miliuner AS Meroket Rp 12.520 T sejak Pandemi

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 September 2020 07:05
Infografis/ Sudah Jadi miliuner 5 orang ini Berlomba Jadi Super Triliuner/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Kekayaan Jeff Bezos, Bill Gates, Mark Zuckerberg dan miliuner Amerika lainnya telah meroket selama enam bulan terakhir atau selama pandemi virus corona. Ini bertolak belakang dengan jutaan orang Amerika, yang kini berpenghasilan lebih rendah dari sebelum krisis dimulai.


Dalam laporan Miliarder Bonanza terbaru dari Institute for Policy Studies tentang ketidaksetaraan, kekayaan 643 orang terkaya AS telah meraup US$ 845 miliar atau Rp 12.520 triliun dalam aset gabungan antara 18 Maret dan 15 September.



Kekayaan gabungan mereka tumbuh 29%. Studi tersebut mencatat bahwa harta yang meningkat pesat telah meningkatkan total kekayaan bersih di antara orang-orang berpenghasilan tinggi dari US$ 2,95 triliun menjadi US$ 3,8 triliun.

Melansir CNN Business, daftar penerima kekayaan tertinggi itu termasuk CEO Tesla Elon Musk, CEO Oracle Larry Ellison dan mantan Walikota New York City Michael Bloomberg. Studi ini didasarkan pada data kekayaan bersih individu yang dilacak oleh Forbes.

Direktur Institute for Policy Studies 'Program on Inequality' Chuck Collins, yang ikut menulis laporan itu, mengatakan dia agak terkejut dengan angka tersebut. Menurutnya, krisis Covid-19 seharusnya membebani Amerika.

"Saya akan berpikir mungkin enam bulan setelah ini bahwa segala sesuatunya akan terguncang dan semua orang akan terpukul," kata Collins.



Dia melanjutkan bahwa perbedaan mencolok ini adalah hal dramatis. Ia menyebut ini pengorbanan yang tak setara dan elemen ambil untung.

Pandemi mengantarkan AS pada krisis pengangguran terburuk sejak Depresi Hebat. Di mana tingkat pengangguran mencapai 14,7% pada April sebelum rebound menjadi 8,4% pada Agustus.

Negara ini masih kehilangan 11,5 juta pekerjaan sejak Februari.mKlaim untuk tunjangan pengangguran telah turun, tetapi tetap lebih dari empat kali lebih tinggi dari tingkat sebelum pandemi.

Secara rinci, selama pandemi saham Amazon naik lebih dari 60% tahun ini. Akibatnya, CEO Jeff Bezos, menambahkan kekayaan pribadinya dari saham Amazon, sebesar $ 55,2 miliar sejak 8 Februari, menurut IPS.

Sementara itu, kekayaan bersih gabungan Alice, Jim, dan Rob Walton, yang keluarganya mendirikan Walmart, telah tumbuh lebih dari $ 60 miliar sejak Februari. Laba raksasa ritel itu meningkat hampir 80% dari tahun ke tahun menjadi $ 6,4 miliar pada kuartal kedua tahun 2020.

Aset pendiri Google Larry Page telah tumbuh lebih dari $ 18 miliar sejak Februari. Sementara kekayaan CEO Tesla Elon Musk meningkat sekitar $ 70 miliar selama periode yang sama, menjadikannya orang terkaya ketiga di planet ini.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading