Nah Loh, Artis-artis Kpop Tersandung Kasus Corona 'Itaewon'

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
20 May 2020 16:11
jung kook. IG: jungkook.fiz
Jakarta, CNBC Indonesia - Setelah berita tentang Park Gyuri dan Winner mengunjungi klub Mino, yang dikaitkan dengan munculnya kasus Covid-19 terbaru di Korea, kini lebih banyak selebritas tersangkut dengan insiden tersebut.

Jungkook BTS, Jaehyun NCT, Cha Eun-woo dari Astro, dan Mingyu dari Seventeen's mengakui melalui agensi mereka bahwa mereka telah nongkrong di sebuah restoran dan bar di Itaewon seminggu sebelum wabah dikonfirmasi. Kendati demikan, mereka semua telah dites negatif untuk Covid-19.

Menurut laporan berita, keempat orang itu berkumpul bersama sejak malam 25 April hingga subuh 26 April. Ini adalah seminggu sebelum kasus warga terinfeksi akibat mengunjungi club muncul pada 2 Mei. Kasus ini pun merebak pada 6 Mei 2020.

Setelah lebih dari 100 kasus baru dikaitkan dengan bar dan klub di Itaewon, Kantor Pusat Penanggulangan Bencana dan Keselamatan (CDSCHQ) telah mengimbau kepada siapa pun yang mengunjungi fasilitas hiburan di Itaewon antara 24 April dan 6 Mei agar tidak meninggalkan rumah mereka.





Keempat agensi mereka pun merilis pernyataan dan meminta maaf karena tidak menaati langkah-langkah menjaga jarak yang aman dan mengkonfirmasi bahwa mereka tidak menunjukkan gejala apa pun tetapi akan melakukan tes secara sukarela dan diuji negatif.

Korea Selatan sendiri telah menerapkan langkah-langkah menjaga jarak sosial untuk mengekang penyebaran virus.


Pada 19 April, menyusul penurunan terus-menerus dalam jumlah kasus baru, pemerintah melonggarkan peraturan, tetapi langkah-langkah menjaga jarak yang aman tetap direkomendasikan, meskipun tidak mengikat secara hukum.


Fasilitas keagamaan, olahraga dalam ruangan dan hiburan seperti klub malam, yang dihentikan pada bulan Maret, saat ini telah diizinkan beroperasi selama mereka mengikuti protokol disinfeksi yang tepat.





[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading