Ada Pandemi, THR Lebih Baik Buat Investasi atau Dana Darurat?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
14 May 2020 20:05
foto ilustrasi perencanaan keuangan
Jakarta, CNBC Indonesia - Jelang lebaran, uang THR (Tunjangan Hari Raya) menjadi salah satu hal yang paling dinantikan oleh seluruh pekerja. Meski begitu, saat pandemi virus corona Anda harus bisa mengatur uang THR agar kondisi keuangan tetap stabil.

Lantas bagaimanakah cara mengatur uang THR apakah sebaiknya untuk investasi atau dana darurat? 

Ken Handersen dari Qualified Wealth Planner mengatakan bahwa Anda harus mulai bisa menentukan mana kebutuhan prioritas dan bukan. 

Dia menyarankan bila Anda tidak memiliki dana darurat sebaiknya jangan berinvestasi dulu. Namun Anda bisa membuat pos dana darurat dengan cara dicicil.

"Kondisi keuangan Anda seperti apa, kalau aman dana darurat bisa dicicil. Kalau keadaan seperti ini (pandemi) cash is king," kata Ken kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/5).




Jika Anda tetap ingin berinvestasi, Anda bisa membagi THR ke dua pos yakni dalam investasi dan darurat. Meski begitu hal yang perlu diingat adalah menambahkan income untuk berinvestasi.

"Kalau momentumnya lagi bagus investasi tapi tidak punya dana darurat bagilah THR Anda ke dalam pos dana darurat dan invetasi. Fokusnya sebaiknya menambahkan income soalnya saat ini uang berpindah ke orang yang siap (orang yang respon nya bagus terhadap hal seperti ini). Kalau bisa punya cara nambahin income, ini bisa dipakai buat invetasi," paparnya.


Idealnya, gunakan uang THR untuk simpanan dana darurat. Dana darurat itu penting sebab dana ini akan bermanfaat menolong Anda ketika masa corona atau pas terkena musibah. 



"Nah saran saya lebih baik punya dana darurat dulu," kata dia.



[Gambas:Video CNBC]





(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading