Cegah COVID-19, Jepang Luncurkan Robot Canggih Buat Belanja

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 April 2020 09:13
Robot
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah area perbelanjaan di kota Oita, Jepang membuat solusi berteknologi tinggi guna menarik pembeli di tengah pandemi COVID-19. Perusahaan tengah menguji coba sebuah robot avatar yang akan memungkinkan pelanggan berbelanja jarak jauh.

Dikutip dari Asiaone, avatar ini telah dicoba di pusat perbelanjaan Funai 5 Ave akhir pekan lalu. Avatar itu sendiri dibuat oleh perusahaan berbasis di Tokyo bernama Avatarin Inc.



"Nantinya, pembeli dapat mengoperasikan avatar dari jarak jauh melalui komputer. Pembeli bisa mengonfirmasi pesanan mereka dengan menggunakan kamera yang terpasang pada robot," tulis media itu, Selasa (28/4/2020).


Mikrofon dan speaker internal akan memungkinkan pembeli untuk berbicara dengan staf toko. Diharapkan penjualan bisa membaik dengan alternatif ini.




Toko teh Wakatake-en menjadi salah satu area di mana pengujian avatar dilakukan. Nantinya, ada sejumlah toko lain yang juga akan mencoba metode yang sama, termasuk pakaian dan minuman beralkohol.

"Pelanggan yang tertarik mencoba layanan harus terlebih dahulu mendaftar di situs web Avatarian untuk membuat reservasi," tulis media itu lagi. Tanggal layanan akan bervariasi tergantung toko.

[Gambas:Video CNBC]




(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading