6 Tips Keuangan untuk Bertahan Saat Pandemi Corona

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 March 2020 10:42
Pandemi corona jelas mulai menyentuh sektor ekonomi, ini 6 cara untuk bertahan
Jakarta, CNBC Indonesia - Virus corona tidak hanya terbukti merusak kesehatan manusia.  Hal itu juga berpengaruh pada kesejahteraan finansial Anda.

Anda harus berputar otak untuk mengatur agar keuangan bisa tetap stabil ditengah pandemi ini.

Mengutip Asiaone, berikut adalah enam cara mencegah Covid-19 merusak kesehatan keuangan Anda.

Mulailah membeli asuransi perjalanan
Ketika Covid-19 menjadi wabah serius, banyak  orang mengambil tindakan atas pengembalian pemesanan liburan mereka baik itu pesawat ataupun hotel. 

Sekarang, Covid-19 atau tidak, rencana perjalanan di masa depan masih harus dibuat. Banyak jaringan hotel utama dan situs pemesanan sekarang menawarkan pembatalan gratis hingga 24 jam sebelum check-in, yang berarti Anda dapat mengubah rencana Anda jika perlu, tanpa penalti.  


Pastikan pemesanan Anda menyertakan klausul ini. Adapun tiket pesawat, mungkin ada baiknya membayar ekstra untuk pengabaian perubahan tiket.  Dengan begitu, Anda tidak perlu membahayakan anggaran Anda jika perlu mengubah rencana penerbangan.

Tingkatkan dana darurat Anda
Salah satu hal yang lebih menakutkan tentang Covid-19 adalah ketidakpastian ekonomi yang muncul setelahnya.  Untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari guncangan jangka pendek, dana darurat adalah alat terbaik Anda.

Periksa pengeluaran Anda yang bisa dipotong, yang kemudian dapat digunakan untuk dana darurat Anda.  Jika Anda memiliki paket dana abadi dengan opsi uang kembali, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya.



Cara lain untuk menambah dana darurat Anda adalah dengan menarik dividen dari investasi Anda.  Jangan lupa simpanan tetap Anda. Tentu, Anda akan kehilangan bunga bonus Anda, tetapi itu tidak seberapa dibandingkan dengan penalti dan biaya keterlambatan yang akan Anda dapatkan jika Anda terlambat dengan tagihan Anda.


Tujuan ini dilakukan untuk menghemat 3 hingga 6 bulan pengeluaran dan likuidasi. Ini berarti dapat disimpan dalam rekening bank yang dapat Anda tarik kapan saja, dan sebaiknya terpisah dari rekening bank biasa.



Pertimbangkan untuk mengajukan kredit bunga ringan
Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah membuka jalur kredit, yang menawarkan saat Anda membutuhkannya, tetapi biayanya sangat kecil untuk mempertahankannya.


Beberapa bank tertentu bahkan memungkinkan Anda untuk merestrukturisasi hutang Anda menjadi pinjaman pribadi dengan bunga lebih rendah, yang selanjutnya membantu Anda mengelola keuangan Anda.

Mengapa jalur kredit dan bukan kartu kredit?  
Karena dibandingkan dengan kartu kredit, jalur kredit menawarkan suku bunga yang lebih rendah.

Jika Anda berpikir untuk mendapatkan kredit, bertindaklah sekarang.  Akan jauh lebih mudah untuk mendapatkan aplikasi Anda disetujui saat Anda berada dalam kondisi keuangan yang baik, tetapi lebih sulit untuk memenuhi syarat jika peringkat kredit Anda telah bermasalah sebelumnya.



Tentukan instrumen investasi Anda
 
Ya, ada gejolak di pasar, dan mungkin saat yang tepat untuk melihat investasi Anda lebih dekat.  Namun, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah panik dan membuat keputusan terburu-buru.


Dengan segala cara, terus perhatikan perkembangan dan buatlah keputusan berdasarkan informasi tentang investasi Anda.  Tetapi sejauh mungkin, tahan dorongan untuk menarik investasi Anda sebagai reaksi spontan, jangan sampai Anda menghadapi kehilangan bonus investasi tahunan anda.


Jangan sembarangan melakukan perubahan dalam investasi Anda, jika tidak, Anda akan terkena biaya manajemen yang mahal.

Jika Anda takut, mundurlah dan ingat bahwa berinvestasi adalah tentang jangka panjang dan wabah ini bukan pertama kalinya menjadi pandemi mengguncang dunia.  Ingat SARS, H1N1, dan MERS?  Namun pasar tetap bangkit kembali dan dunia kembali ke bisnis seperti biasa.  Mengapa kali ini harus berbeda?



Perluas kemampuan diri Anda
Dengan bisnis gonjang-ganjing dan pekerjaan dalam bahaya, membuktikan nilai Anda sebagai karyawan lebih penting daripada sebelumnya.

Sekarang adalah waktu untuk menggunakan kemampuan  Anda dan mempelajari keterampilan baru. Atau, Anda dapat memanfaatkan kesempatan untuk mengambil keterampilan yang selalu Anda minati nantinya. 


Dengan begitu, Anda dapat memulai sampingan dengan menggunakan keterampilan baru Anda, yang bahkan dapat berkembang menjadi karier baru.



Jangan buang uang untuk produk yang  tidak perlu
 Akhirnya, ingatlah untuk tidak menyia-nyiakan uang yang Anda hasilkan dengan susah payah untuk produk-produk dengan efektivitas yang dipertanyakan, atau bahkan benar-benar tidak perlu.

Ya, kita berbicara tentang hal-hal seperti masker wajah (hanya diperlukan jika Anda sakit, dan hanya efektif ketika dipakai sebagai bagian dari rangkaian lengkap peralatan perlindungan pribadi);  dan sanitiser tangan dalam jumlah yang berlebihan.

Juga, jauhi obat yang menawarkan klaim tertentu dan pencegahan yang belum terbukti. Itu kemungkinan besar mereka mencari uang dari rasa takut seseorang.



[Gambas:Video CNBC]




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading