Bingung Gaji Bulanan Cuma Numpang Lewat? Coba Tips Ini!

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 December 2021 09:25
Hal yang Dilakukan Saat Salah Kelola Keuangan

Jakarta, CNBC Indonesia - Situasi pandemi yang penuh ketidakpastian mengajarkan kita untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan. Sebelum memutuskan untuk membelanjakan uang gajian yang baru saja diterima, ada baiknya Anda menyimak tips berikut agar gaji bulanan tidak cuma numpang lewat tak berbekas.

1. Buatlah rencana pengeluaran

Prinsip dalam mengatur keuangan sebenarnya sederhana, pengeluaran tidak boleh lebih besar dari pendapatan. Nah, untuk Anda yang baru mau memulai mengatur keuangan, pertama-tama buatlah rencana pengeluaran yang jelas. Prioritaskan pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan utama, seperti makan dan minum, transportasi, cicilan utang dan tagihan, sewa kos, investasi atau tabungan, dana darurat, dan asuransi.


Untuk membayar kebutuhan bulanan seperti sewa kos dan tagihan listrik, Anda juga bisa menganggarkan dananya secara harian. Misalnya, dalam sehari Anda menyisihkan Rp 100 ribu untuk bayar sewa kos bulanan. 

Selain itu, Anda juga bisa membuat persentase seperti rumus mengatur keuangan. Misal 40% dari gaji untuk kebutuhan sehari-hari, alokasi 30% untuk bayar utang, 20% untuk masa depan, dan 10% beramal.

2. Buat pos anggaran

Setiap Anda mendapatkan gaji atau upah, segera pisahkan atau bagi-bagi sesuai pos anggaran masing-masing yang telah dibuat. Pastikan jangan ditunda karena hal tersebut bisa mengakibatkan uang terpakai di luar rencana.

3. Siapkan dana darurat

Kesadaran akan dana darurat makin meningkat di masa pandemi setelah banyak orang menyadari urgensinya. Dana darurat berfungsi sebagai dana untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami keadaan mendesak seperti kondisi gawat, sakit, kehilangan pekerjaan, upah berkurang, dan lainnya. Sejumlah penasihat keuangan merekomendasikan setiap orang memiliki dana darurat minimal senilai enam kali biaya pengeluaran sebulan.

Ingat, seperti namanya, dana ini hanya boleh digunakan untuk kondisi darurat ya! 

4. Sisihkan untuk tabungan dan investasi 

Jangan lupa berinvestasi agar Anda memiliki aset yang bekerja sehingga dapat menghasilkan cuan. Selain investasi, tabungan bisa dijadikan alternatif. Tujuannya sama-sama untuk mempersiapkan masa depan keuangan yang mapan. Jika keuangan pas-pasan, Anda dapat memilih mana yang lebih dibutuhkan.

5. Buat catatan setiap pengeluaran

Begitu sudah terencana dengan baik, realisasinya tidak boleh menyimpang. Oleh sebab itu, catat setiap uang yang sudah Anda belanjakan dengan rinci setiap harinya. Jangan lupa juga lakukan evaluasi pengeluaran. Cek apakah anggaran dan aliran uang sudah ideal atau belum. Mana pengeluaran yang membengkak, kebutuhan sehari-hari yang masih tersedia, sehingga hari atau bulan berikutnya bisa lebih mengontrol belanja.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Simak! Gaya Hidup Ini Bisa Membuat Kantong Jauh Lebih Sehat


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading