Catat! Ini Cara Seimbangkan Gaya Hidup dengan Penghasilan

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
12 January 2022 09:35
Ilustrasi Menabung (Photo by Annie Spratt on Unsplash) Foto: Ilustrasi Menabung (Photo by Annie Spratt on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Setiap orang tentu memiliki gaya hidup dan standar hidup masing-masing. Apapun gaya hidup Anda, pastikan sesuai dengan kemampuan finansial yang dimiliki. Sebab tidak sedikit orang merasa penghasilannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup karena salah dalam mengelola keuangan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyeimbangkan gaya hidup dengan penghasilan.

1. Tahu berapa penghasilan yang dimiliki


Jika Anda ingin menjalani hidup sesuai dengan kemampuan finansial, maka saatnya untuk mengenal diri Anda sendiri. Seberapa besar penghasilan Anda dan berapa total penghasilan bersih nya. Hal ini penting guna mengetahui seberapa besar penghasilan yang dapat disisihkan.

2. Buat anggaran

Buatlah daftar anggaran bulanan dalam bentuk kategori seperti anggaran, keinginan, pembayaran tagihan, dan tabungan. Tidak masalah untuk mengubah anggaran belanja di tengah bulan karena beberapa peristiwa tidak terduga akan membutuhkan sedikit improvisasi.

3. Tingkatkan penghasilan

Jika Anda tipe orang yang sulit untuk kontrol pengeluaran atau pengeluaran lebih besar dari penghasilan maka cobalah untuk mencari pendapatan lainnya agar penghasilan bisa seimbang dengan pengeluaran Anda.

Kuncinya adalah melakukan apa yang bisa Anda lakukan untuk menghasilkan uang yang cukup guna membayar segala keperluan hidup Anda, termasuk pula jaminan kesehatan Anda dan keluarga.

4. Jangan mengikuti gaya hidup orang lain

Usahakan untuk tidak terpancing dengan gaya hidup orang lain. Sebab setiap orang memiliki standar hidup yang berbeda. Jika Anda memaksakan diri mengikuti pendirian orang lain, tentu akan kewalahan dalam menjalani kehidupan dan tentu membuat diri Anda semakin terpuruk. Sebaiknya, mulailah membuat versi terbaik untuk diri sendiri untuk memperoleh apa yang sebenarnya diinginkan.

5. Lakukan pos keuangan

Siapkan beberapa pos pada penghasilan Anda, seperti pos untuk konsumsi sehari-hari, cicilan atau hutang, pos menabung atau investasi, sosial atau tolong menolong, dan gaya hidup.

Untuk pos cicilan atau hutang, alokasi dananya tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan. Untuk pos menabung atau investasi bisa diisi minimal 10 persen dari penghasilan. Lalu setelah itu, pos lainnya tinggal menyesuaikan. Untuk mengisi pos gaya hidup, alokasikan maksimal 20 persen dari penghasilan.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading