Tak Bisa Kelola Uang? Lakukan Ini Agar Kamu Bisa Cepat Kaya

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
27 April 2022 14:20
Ilustrasi Menabung (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak orang ingin kaya dan punya banyak uang dalam tabungan mereka. Hal itu bisa saja diraih jika Anda pintar dalam mengatur keuangan.

Namun, sayangnya berbagai macam kebutuhan, keperluan, serta gaya hidup dan boros menjadi faktor terbesar yang membuat uang mudah sekali habis. Kalau sudah begitu, cobalah kebiasaan sederhana berikut yang bisa membantu Anda lebih bijak dalam mengatur keuangan.


1. Buatlah buku catatan transaksi

Buku catatan transaksi adalah unsur penting yang sering diremehkan banyak orang. Seringkali seseorang menganggap bahwa ia mengingat seluruh transaksi yang dilakukannya.

Ketika ada transaksi yang terlupakan dan tak tercatat, Anda tak akan tahu ke mana uang itu pergi. Jika tidak tahu, Anda pun tak bisa melakukan evaluasi terhadap gaya hidup yang telah Anda jalankan selama ini.

Untungnya, di era digital saat ini, sudah banyak aplikasi gratis yang bisa Anda gunakan untuk mencatat pengeluaran harian. Jadi, Anda tidak perlu lagi repot-repot membawa buku catatan keuangan ke mana-mana.

2. Selalu ingat skala prioritas

Ingatlah bahwa prioritas setiap orang berbeda. Tulis dan ingatlah urutan prioritas Anda. Pergunakan uang untuk hal-hal sesuai dengan urutan skala prioritas.

3. Gunakan maksimal setengah penghasilan

Banyak orang terlena dengan penghasilan besar dan menghabiskan hampir seluruh uang yang diperoleh mereka setiap bulan. Jika pendapatan berlebih, menabunglah minimal setengah dari penghasilan. Jika penghasilan sedikit, berusahalah untuk mencari kegiatan lain yang mampu memberi penghasilan tambahan.

4. Jangan menekan pengeluaran, tapi tambah pemasukan

Sekarang sudah bukan zamannya terlalu menekan pengeluaran demi menabung banyak uang. Pergunakanlah uang sesuai kebutuhan, jangan berlebihan dan jangan kurang. Sebagai gantinya, berusahalah untuk memperoleh banyak pemasukan. Lakukan banyak pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan sehingga Anda tak perlu terlalu pusing menekan pengeluaran.

5. Ubah kebiasaan

Beberapa kebiasaan kecil bisa berujung pada transaksi yang tak perlu. Sebagai contoh, hal sesederhana scroll halaman utama marketplace dengan berbagai promo dan diskon, bisa banget berujung pada membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Sah-sah saja cari promo dan diskon saat mau membeli sesuatu, tapi jangan sampai sebaliknya.


[Gambas:Video CNBC]

(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading