Tak Ada Penyakit Bawaan, Remaja Korsel Tewas Diduga Covid-19

Lifestyle - Redaksi CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
19 March 2020 12:50
Tak Ada Penyakit Bawaan, Remaja Korsel Tewas Diduga Covid-19
Jakarta, CNBC Indonesia- Korea Selatan tengah memantau satu kasus kematian pasien remaja yang diduga terkena Covid-19. Petugas mengindikasikan kuat kematian karena corona, meskipun si remaja ini tidak memiliki riwayat penyakit bawaan sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Korea Selatan tengah memantau ketat kasus istimewa yang terjadi pada remaja usia 17 tahun ini, yang berada di Daegu. Sang pasien terus menerus mengalami kegagalan fungsi organ sejak jam 11 malam tadi di Rumah Sakit Yeungnam, distrik Namgu.

Sang pasien remaja menjalani perawatan layaknya pasien terkena pneumonia. Sementara perawatan dijalani hingga ia tewas, rumah sakit masih menanti hasil tes uji Covid-19 pada pasien tersebut. Jika organ pernapasan yang ia derita positif karena covid-19, ini akan menjadi pasien remaja pertama yang meninggal karena corona di negeri tersebut.


Pasien tersebut masuk rumah sakit jam 6.13 pm dan langsung masuk ICU dan menjalani ECMO keesokan harinya. Lalu, alat ventilasi mekanikal tak bisa membantu si pasien tersebut dan terus menerus diterapkan upaya terbaik sejak Senin lalu.



Mengutip Korea Herald, pejabat dan petugas medis yang menangani kasus remaja ini menekankan tak ada penyakit bawaan yang dimiliki si pasien.

Pusat Pengendali Penyakit Korea mengatakan pasien telah menjalani beberapa kali tes covid 19 dan bisa dinterpretasikan positif mengidap corona, namun ada jua sample-sample yang mengarah ke negatif.

Pihak rumah sakit mengatakan tes dari sample-sample tambahan dilakukan sebelum ia tewas dan tengah dinanti hasilnya. Tak cuma itu, kemungkinan besar petugas juga akan mengambil sample dari jasad sang pasien.

Sampai Rabu kemarin, Korea mencatat terdapat 213 pasien remaja dari 8413 kasus covid 19 di negeri tersebut dengan rentang usia 13 hingga 18 tahun.







[Gambas:Video CNBC]



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading