Korut Kecam Drama Korsel Nih, Dianggap Lebay & Menghina

Lifestyle - Lynda Sari Hasibuan, CNBC Indonesia
07 March 2020 08:50
Media Korea Utara mengecam sejumlah tayangan drama dan film Korea Selatan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Media Korea Utara mengecam sejumlah tayangan drama dan film Korea Selatan. Itu karena memperlihatkan keadaan Korea Utara yang buruk dan terlibat dalam provokasi yang keji.

Laman Uriminzokkiri tidak menyebutkan secara spesifik judul drama dan film Korea Selatan yang dimaksud, namun tampaknya laman tersebut merujuk serial drama televisi bertajuk Crash Landing on You serta film laga Ashfall.

"Baru-baru ini, pihak berwenang Korea Selatan dan produser film telah merilis film anti-republik dan drama TV yang menipu, mengarang, tidak masuk akal dan tidak asli, menempatkan semua upaya dalam membuat propaganda strategis," tulis komentar laman tersebut dikutip Sabtu (7/3/2020).

Seperti diketahui, Korea Utara sangat sensitif terhadap kritik terhadap negara tersebut. Hubungan dengan Korea Selatan telah memburuk selama tahun lalu, meskipun Korea Utara memulai jalur diplomasi internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya dengan Seoul dan Washington pada tahun 2018.



Penghinaan yang tak tertahankan

Film aksi Ashfall mengisahkan Gunung Paektu yakni gunung berapi aktif di Korea Utara yang memegang tempat khusus dalam budaya Korea di kedua sisi perbatasan yang tiba-tiba meletus dan menyebabkan gempa bumi hebat di semenanjung Korea.

Berdasarkan cerita, satu-satunya cara untuk menghentikan kekacauan yang terjadi adalah dengan menaruh bom atom di kedalaman gunung, sehingga letusannya itu menghentikan gempa bumi.

Terkait bom atom itu hal itu juga dapat diperoleh dengan mencuri cadangan senjata nuklir Korea Utara.

Dalam film Ashfall, juga menampilkan adegan runtuhnya sebuah bangunan yang diasumsikan sebagai gedung markas Partai Pekerja Korea di Pyongyang.

Sementara, bagian akhir film memperlihatkan pemerintah Korut dan Korsel bersatu demi memastikan pembangunan kembali Semenanjung Korea.

Gunung Paektu adalah gunung berapi di Korea Utara yang mendapat tempat istimewa pada budaya Korut maupun Korsel. Puncak gunungnya dianggap sebagai tempat suci dalam cerita rakyat Korea dan juga merupakan bagian dari propaganda yang memuliakan keluarga Kim, yang dikatakan memiliki garis keturunan Gunung Paektu.

Propaganda Korea Utara mengklaim mendiang pemimpin Kim Jong-il, yang meninggal dunia pada 2011, dilahirkan di dalam sebuah gubuk di gunung itu.

Bukan tidak masuk akal untuk menyarankan bahwa plot film tersebut menyebabkan penghinaan yang tak tertahankan. Serta membuang integritas, martabat, dan nurani.

"Sangat disayangkan bahwa pembuat film dan program menghasilkan tayangan yang menghina seperti itu sambil mengabaikan integritas, martabat dan hati nurani mereka sebagai seniman dan dibutakan dengan menghasilkan uang," katanya.

NEXT > Crash Landing On You Disemprot


Komedi Romantis Lintas Perbatasan
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading