Di Negara Ini, Gaya Rambut Penduduknya Diatur Undang Undang

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
21 March 2022 18:25
A North Korean walks past a celebrative poster displayed on the occasion of the 80th birth anniversary of the country's late leader Kim Jong Il in Pyongyang, North Korea Wednesday, Feb. 16, 2022. (AP Photo/Jon Chol Jin)

Jakarta, CNBC Indonesia - Korea Utara adalah negara yang mengatur ketat gaya rambut semua warganya. Hanya ada 15 model rambut yang dianggap "pantas". Namun, dalam daftar gaya rambut yang diizinkan, tidak ada gaya rambut Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Sebab, ia ingin menjadi satu-satunya orang dengan gaya rambut tersebut. 

Wanita yang sudah menikah wajib berambut pendek, sementara wanita single boleh punya rambut keriting yang sedikit lebih panjang. Adapun laki-laki, rambutnya tidak boleh lebih dari lima sentimeter. Ada pengecualian bagi laki-laki yang sudah tua, mereka boleh punya rambut sepanjang tujuh sentimeter.

Karena gaya rambut diatur negara, jangan harap bisa menemukan pewarna rambut warna-warni di negara ini. Para pria Korea Utara juga tidak boleh memiliki potongan rambut spike yang runcing.


Pada 2021 lalu, Rodong Sinmun, surat kabar resmi pemerintah Korea Utara, menerbitkan sebuah artikel yang mengungkapkan keprihatinan tentang anak-anak muda Korea Utara yang semakin mengikuti tren mode Barat.

"Kita harus waspada terhadap tanda-tanda sekecil apa pun dari gaya hidup kapitalistik dan kita berjuang untuk menyingkirkannya," kata artikel itu, dikutip dari Insider. 

Seperti diketahui, Korea Utara berusaha keras menjauhkan pengaruh Barat dari penduduknya. Karena itu, semua hal yang dianggap bersumber dari Barat dilarang. 

Selain gaya rambut, Korea Utara juga melarang tindik hidung, tindik bibir, dan celana jeans. 

Anggota organisasi pemuda yang dikelola negara sering bertindak sebagai "polisi mode". Menurut laporan The Guardian, tugas mereka termasuk mengecam pakaian yang terlihat terlalu "asing."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Diam-Diam, Kim Jong Un Pernah Pakai Nama Palsu Saat di Swiss


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading