Sentuh Ratusan Juta, Ini Deretan TK & SD Mahal di Jakarta

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
05 February 2020 12:22
Jakarta, CNBC Indonesia - Belum lama ini, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bahwa inflasi pendidikan di Indonesia tergolong tinggi. Berdasarkan data BPS, inflasi yang timbul dari sektor pendidikan mencapai 3,81%. Sedangkan kenaikan rata-rata uang pangkal pendidikan di Indonesia mencapai 10-15% per tahunnya.

AIA-Financial Indonesia juga menuliskan rata-rata kenaikan biaya pendidikan di Indonesia memang mencapai 20% tiap tahun. Kemudian biaya pendidikan perguruan tinggi swasta mengalami kenaikan hingga 40%.

Lalu berapa biaya sekolah, khususnya di sekolah dasar swasta standar internasional, saat ini? Berikut deretan biaya yang diperlukan untuk memasukan anak ke sekolah swasta standar internasional untuk tingkat TK dan SD. 



ACG School Jakarta

ACG School Jakarta merupakan sekolah yang berlokasi di bilangan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sebagai anggota ACG Education (Academic College Group), sekolah ini memberikan pembelajaran akademik kelas global dengan kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme. Selain itu, siswa lulusan sekolah ini juga dapat berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke ACG Education di New Zealand.


Berbeda dengan sekolah lainnya, ACG School Jakarta memiliki standar biayanya sendiri. Berdasarkan info yang didapat dari situs resmi ACG School, untuk tahun ajaran 2019/2020 biaya yang harus dikeluarkan untuk tingkat TK adalah Rp 115,5 juta per tahun untuk anak usia 4 tahun.


Biaya pendidikan semakin naik seiring dengan bertambahnya usia anak. Untuk biaya pendidikan di tahun pertama sampai kedua sebesar Rp 228 juta per tahun dimulai usia 5-6 tahun. Ketika anak memasuki tahun ketiga sampai tahun keenam, biaya pendidikanya mencapai Rp 285,9 juta per tahun. Biaya tersebut dapat dicicil dua kali.




Al Azhar 1 Islamic Elementary School


Menjadi salah satu sekolah swasta berbasis Islam, SD Al-Azhar memiliki fasilitas penunjang yang lengkap. Berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, SD Al-Azhar dari Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar ini memiliki kerjasama dengan beberapa sekolah di luar negeri, seperti Okinawa Shogaku Junior & Senior High School di Japan dan Shih Jia Junior High School di Taiwan.


Sekolah ini menetapkan biaya pendidikan pada tahun ajaran baru 2019/2020 dengan uang formulir sebesar Rp 350 ribu, dengan uang pangkal sebesar Rp 38 juta (khusus alumni TK Al-Azhar) dan Rp 44,3 juta (non alumni TK Al-Azhar). Selain itu ada biaya iuran SPP sebesar Rp 2,2 juta per bulan, serta biaya kegiatan sebesar Rp 300 ribu per tahun.


[Gambas:Video CNBC]






Makin Populer Makin Melangit Biaya Sekoalh
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading