Gojek Dapat Diandalkan untuk Plesiran Seru di Semarang

Lifestyle - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
17 December 2019 14:37
Gojek Dapat Diandalkan untuk Plesiran Seru di Semarang
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebagai aplikasi berbasis teknologi terbesar di Asia Tenggara ekosistem Gojek yang terintegrasi bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat. Kemudahan ini juga bisa dirasakan wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah.

Melalui kegiatan Plesiran Bersama Gojek yang diadakan di Semarang, Gojek membuktikan inovasi teknologi yang dihadirkan melalui ekosistemnya yang terintegrasi memudahkan masyarakat ketika berkunjung ke kota-kota di Indonesia, selain memenuhi semua kebutuhan masyarakat secara menyeluruh.

VP Corporate Affairs Gojek, Michael Say mengatakan ekosistem Gojek di Semarang, Jawa Tengah juga sukses menggerakkan perekonomian dan pariwisata lokal, serta mendukung pemerintah Kota Semarang untuk memperkuatnya menjadi Smart City.


"Sebagai ekosistem dan Super App yang paling disukai di Indonesia dan memberikan solusi bagi penggunanya, kami memaksimalkan berbagai potensi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Kami telah berevolusi menjadi ekosistem lengkap dan membawa dampak sosial bagi lebih banyak orang," kata Michael dalam siaran resminya, Selasa (16/12/2019).


Evolusi Gojek juga menjadi sebuah ekosistem merupakan langkah strategis dalam menyediakan solusi kebutuhan masyarakat yang selama ini menjadi hambatan. Melalui pengembangan teknologi yang terintegrasi, berevolusi bersama Gojek termasuk layanannya seperti pariwisata, ekonomi lokal, industri kreatif, pendidikan dan bidang lain yang berkaitan dengan mata pencaharian dan kehidupan sehari-hari.

"Bisa dibilang, Gojek menjadi operating system bagi masyarakat Semarang," katanya.

Selain terus mengembangkan teknologi dan inovasi, beroperasinya Gojek telah memberikan dampak positif bagi perekonomian Semarang melalui UMKM dan pariwisata lokal. Mitra merchant UMKM GoFood di Semarang mengalami kenaikan rata-rata omzet lebih dari 80% pada Desember 2019, jika dibandingkan pendapatan omzet tahun lalu.

Inovasi Gojek tidak hanya dirasakan pelanggan tetapi juga mitra merchant yang memiliki akses pasar yang lebih luas. GoFood pun juga terus berinovasi agar merchant bisa menawarkan lebih banyak pilihan, mempromosikan menu hingga mengatur operasional mereka. Inovasi terbaru Gojek untuk para mitra merchant GoFood adalah aplikasi pengelolaan restoran khusus mitra merchant, GoBiz, di mana mereka bisa mengakses data untuk membantu menganalisa performa bisnis dari waktu ke waktu hingga mengelola operasional sehari-hari.

Yang menarik dari aplikasi ini, merchant bisa secara mandiri mengatur dan menawarkan promo khusus untuk restoran mereka. Teknologi ini juga telah terbukti meningkatkan pendapatan rata-rata merchant hingga 3.5 kali lipat setelah bergabung dengan GoFood. Saat ini, 96% mitra merchant yang tergabung dengan GoFood adalah pelaku kuliner UMKM yang memulai usahanya dari bisnis kecil dan rumahan.

"Potensi pertumbuhan ini akan terus dimanfaatkan GoFood untuk terus menghadirkan layanan yang bisa menjadi pilihan utama masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di saat yang bersamaan, kami akan terus memperkuat ekosistem teknologi agar bisa mengajak lebih banyak mitra merchant untuk tumbuh bersama GoFood," imbuh Michael.

Kepala Dinas Dinas Pariwisata Kota Semarang Indriyasari mengatakan apresiasinya kepada Gojek atas dukungan dan partisipasinya memajukan pariwisata di kota Semarang. Ekosistem Lengkap Gojek memberikan kemudahan akses dan kenyamanan pada wisatawan yang berkunjung ke Semarang.

"Sekarang wisatawan yang akan ke Kota Semarang serba dimudahkan. Gojek memberikan banyak alternatif dari mulai transportasi online hingga transaksi nontunai," kata Indriyasari.

Untuk itu, pihaknya menggandeng berbagai pihak seperti Gojek untuk mempermudah akses wisata. Melalui layanan GoPay, Gojek membantu menghadirkan tata laksana kota dan layanan publik yang berbasis digital.


Travel writer Naked Traveler Trinity mengatakan setiap berkunjung ke sebuah daerah, dia akan mencari hal-hal yang menjadi khas daerah tersebut, baik budaya, adat istiadat bahkan sampai dengan sajian lokalnya. Selain melalui rekomendasi masyarakat lokal, dia akan membuka layanan GoFood di aplikasi Gojek. Dia pun mendapatkan kemudahan mengakses daerah wisata dengan on demand transportation dari Gojek serta solusi pembayaran non-tunai GoPay di dalam aplikasi Gojek.

"Dalam aplikasi tersebut saya dapat melihat banyak pilihan kuliner lezat lokal yang ditampilkan sebagai rekomendasi sesuai keinginan, saya juga terbantukan dengan dengan informasi penilaian dan juga lokasi kuliner itu berada. Kadang saya juga ingin menikmati makanan dan merasakan suasananya secara langsung," katanya.

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading