Kisah Prasetyo, Mitra GoCar dengan Kejujuran yang Langka

Lifestyle - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
05 November 2019 18:23
Kisah Prasetyo, Mitra GoCar dengan Kejujuran yang Langka Foto: Gojek
Jakarta, CNBC Indonesia - Jujur dan amanah, dua sifat yang dinilai langka di era digital ini. Meski begitu, nyatanya ada kisah inspiratif yang bisa menepis anggapan tersebut.

Adalah Prasetyo (49) mitra GoCar yang bergabung pada Juni 2019. Meski terbilang baru bergabung, Bapak dua anak dari Rasyadan (16) dan Affan (11) punya cerita menarik yang bisa diteladani.

Ditemui di kediamannya di Cinere, Depok Selasa (5/11/2019) Prasetyo mengaku secara sukarela mengembalikan dompet pelanggannya yang tertinggal di mobilnya semalam. Sebelumnya, dengan bantuan aplikasi dia mencari data pelanggan yang menumpang mobilnya pada hari itu.


"Ini bukan hak saya, sehingga saya harus mengembalikan segera", katanya.




Tiba di rumah pelanggannya tersebut, dia segera menyerahkan dompet yang tertinggal itu. Bahkan, ketika pemiliknya, Aji akan memberi sejumlah uang sebagai balas jasa, Prasetyo justru menolak dengan halus. "Ini sudah kewajiban saya Pak dan saya ikhlas melakukan ini semua", tuturnya.

Dihubungi secara terpisah, Aji yang merupakan karyawan sebuah perusahaan swasta di bilangan Jakarta Selatan yang menjadi pelanggan GoCar ini bercerita perihal dompetnya yang tertinggal itu.

"Saya baru tersadar ketika dompet saya tidak ada saat mau berangkat kerja. Setelah saya ingat-ingat sepertinya tertinggal saat dalam perjalanan dari Citos ke rumah semalam," terangnya.

Sadar dompetnya tak ada, Aji segera menghubungi call center Gojek untuk menceritakan kejadiannya secara detail. Call Center akhirnya memberikan nomor pengaduan untuk memudahkan penelusuran.

"Singkat cerita saya kontak driver-nya, namun beberapa kali juga ponselnya tidak terangkat. Begitu pula pesan singkatnya", jelasnya.




Akhirnya tak berapa lama, ponselnya berbunyi. Di ujung sambungan ternyata Prasetyo yang menghubungi dan meminta maaf karena bangun siang dan langsung membersihkan mobil miliknya.

"Nah, waktu menemukan dompet Bapak di jok belakang, saya coba cari-cari pelanggan terakhir saya. Sekarang sedang di perjalanan ke rumah Bapak", tutur Prasetyo menjelaskan.

[Gambas:Video CNBC]






(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading