Ikut Gojek Swadaya, Penghasilan Istri Driver Tambah Rp 4 Juta

Lifestyle - dob, CNBC Indonesia
12 February 2020 16:41
Ikut Gojek Swadaya, Penghasilan Istri Driver Tambah Rp 4 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia- Program Gojek Swadaya berhasil meningkatkan pendapatan para keluarga mitra driver hingga Rp 4 juta per bulan, melalui sejumlah pelatihan dan pendampingan.

Program dari aplikasi layanan on-demand Gojek ini merupakan wadah pengembangan keterampilan khusus keluarga mitra driver yang menunjang pengembangan dan potensi diri. Salah satu pelatihan yang disediakan adalah Kelas Memasak yang menghadirkan chef ternama tanah air, Chef Bara Pattiradjawane.

Gede Manggala, VP Region Ops & Jabodetabek Gojek, mengatakan bahwa tujuan Gojek Swadaya adalah meningkatkan kapabilitas, kompetensi  serta potensi peningkatan pendapatan mitra driver dan keluarganya.


"Dengan mengkombinasikan metode pelatihan yang efektif dari Gojek Wirausaha, para expert serta kelebihan fitur dalam ekosistem Gojek, kami harap semakin banyak mitra driver dan keluarga yang merasakan manfaat dari program pelatihan Gojek Swadaya ini," ujar Gede Manggala, Selasa (11/2/2020).


Menurutnya, kelas memasak dipilih karena bisa menjadi modal keterampilan yang sangat cocok bagi ibu-ibu untuk memulai berwirausaha. Selain karena pasarnya yang luas, dana usaha di bidang kuliner juga tidak memerlukan modal yang besar. 

"Sejauh ini, sudah lebih dari 2.300 keluarga mitra mengikuti pelatihan Gojek Swadaya dan telah terbukti dapat meningkatkan penghasilan keluarga Rp 1-4 juta tiap bulannya. Bahkan, di Tasikmalaya ada yang berhasil meraih omset hingga Rp 20 juta  perbulan setelah mengikuti pelatihan ini," ujar Gede Manggala.


 

Foto: Pelatihan Memasak Gojek Swadaya

Sementara itu, Chef Bara mengaku senang sekali berbagi ilmu dan pengalaman dengan para istri mitra driver. Seru sekali melihat semangat ibu-ibu yang sangat mendalam di dunia kuliner.

"Masakan bagi saya bukan hanya sekadar rasa, tapi juga kualitas, penampilan dan proses memasak yang efektif, efisien, dan higienis. Inilah yang ingin saya bagikan ke para istri-istri mitra driver di sini, sehingga bisa dijadikan bekal mereka dalam memulai bisnis kuliner," ujarnya.

Dalam pelatihan ini juga hadir Lela Susana, istri dari seorang mitra driver yang menceritakan kisahnya setelah ikut pelatihan Gojek Swadaya. Menurutnya, setelah ikut pelatihan dirinya mencoba buka usaha Aci Cilokba dan berhasil memberikan keuntungan hingga Rp3 juta tiap bulannya.


"Bersyukur sekarang saya bisa bantu suami dan ekonomi keluarga jadi lebih baik. Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih kepada Gojek yang telah memberikan kami kesempatan untuk berlatih memasak dan menjadi merchant GoFood. Semoga makin banyak istri driver Gojek lain yang terinspirasi dan bisa mulai usaha seperti saya," ujarnya.

Setelah pelatihan, Gojek terus memantau, melakukan pendampingan, dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada peserta Gojek Swadaya selama 3 bulan dengan harapan para peserta pelatihan kewirausahaan dapat terus maju dan lancar dalam berwirausaha.


[Gambas:Video CNBC]




(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading