Negara Ini Jomblonya Banyak, Ogah Nikah, Gak Mau Pacaran!

Lifestyle - CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
15 December 2019 09:32
Negara Ini Jomblonya Banyak, Ogah Nikah, Gak Mau Pacaran!

Jakarta, CNBC Indonesia - Ternyata ada negara yang punya angka jomblo alias muda-muda tak punya pasangan tertinggi di Eropa. Swedia adalah negara tersebut.

Urusan tak suka pacaran dan rasa enggan terikat tak lepas dari prinsip dan budaya negara tersebut yang sangat menghargai kemandirian. Swedia adalah negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara. Negeri ini berbatasan dengan Norwegia di barat, Finlandia di timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di barat daya, dan Laut Baltik dan Teluk Bothnia di timur.

Dihimpun detikcom dari BBC, muda-muda Swedia yang sangat mandiri itu lebih suka tinggal sendiri daripada menikah. Padahal menurut penelitian, jumlah warga lajang alias jomblo di Swedia adalah yang terbesar di Eropa.


Orang Swedia dikenal dingin dan tidak suka bergaul. Mereka sangat menghargai privasi orang, bahkan mengobrol saja jarang dilakukan.


Budaya pernikahan relatif tidak menonjol pada warga Swedia. Kotanya saja kebanyakan terdiri dari apartemen-apartemen kecil untuk kehidupan sendiri.

Hampir setengah rumah tangga di Swedia merupakan orang dewasa tanpa anak. Kasus perceraian di Swedia pun jadi yang tertinggi di Eropa.

Namun, bukan berarti orang Swedia tidak punya keturunan. Mereka lebih suka tinggal bersama dari pada terikat dengan pernikahan. Atau punya anak tanpa harus menikah. Kata pernikahan dirasa membebankan bagi orang Swedia. Jangankan nikah, status pacaran pun dinilai begitu mengikat.

Budaya mandiri yang mengakar sejak muda membuat orang Swedia tak suka ketergantungan. Hal ini juga didukung dengan kesetaraan gender dalam hal bekerja, sehingga wanita bisa hidup menafkahi anak dengan biaya dari negara saja.

Menurut salah seorang warga lokal, Djina Wilk, orang Swedia memang jarang menunjukkan emosi. Cara terbaik untuk melakukan pendekatan adalah dengan kursus saat malam hari atau olahraga. Aplikasi berkencan online pun dirasa tidak pas untuk warga Swedia.

"Orang Swedia umumnya menjadi hangat dan setia begitu Anda lebih dekat," ujar Wilk.

Meski demikian, banyak ekspatriat yang ternyata betah tinggal di Swedia. Keuntungan yang diberikan negara ini lebih menggiurkan dari pada sekedar mencari pasangan hidup.


Kulik konsep jadi kaya sebelum usia 30

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading