Remaja 17 Tahun Bakal Sumbangkan Rp 16 M, Mau?

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
22 July 2020 12:52
This photo provided by Time magazine shows Greta Thunberg, who has been named Time’s youngest “person of the year” on Wednesday, Dec. 11, 2019.   The media franchise said Wednesday on its website that Thunberg is being honored for work that transcends backgrounds and borders.  (Time via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aktivis iklim, Greta Thunberg berencana untuk menyumbangkan hadiah $ 1,14 juta atau Rp 16 miliar untuk organisasi yang berfokus pada lingkungan dan perubahan iklim.


Remaja asal Swedia berusia 17 tahun itu terpilih sebagai pemenang Gulbenkian Prize untuk Kemanusiaan pada hari Senin (20/7/2020). 



"Ini sangat berarti bagi saya dan saya berharap itu akan membantu saya melakukan lebih banyak kebaikan di dunia," ujarnya dikutip dari CNBC International.

"Semua hadiah uang akan disumbangkan melalui yayasan saya ke berbagai organisasi dan proyek yang bekerja untuk membantu orang-orang di garis depan yang terkena dampak krisis iklim dan krisis ekologi, terutama di Global South."


Dia menambahkan bahwa uang itu juga akan ia sumbangkan untuk organisasi dan proyek yang berjuang untuk dunia berkelanjutan serta yang berjuang untuk mempertahankan alam dan dunia.

Untuk sumbangan awal, Thunberg me-tweet dalam akun Twitter nya bahwa ia akan menyumbangkan 100.000 euro ke kampanye SOS Amazonia yang dipimpin oleh Fridays For Future Brazil untuk mengatasi Covid-19 di Amazon.

100.000 euro lebih lainnya akan disumbangkan ke Stop Ecocide Foundation.

Penghargaan Gulbenkian untuk Kemanusiaan bertujuan untuk mengenali orang, kelompok orang atau organisasi dari seluruh dunia yang kontribusinya dalam mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim menonjol karena kebaruan, inovasi, dan dampaknya.

Calouste Gulbenkian Foundation yang berbasis di Portugal didirikan pada 1950-an setelah kematian Calouste Sarkis Gulbenkian, seorang pengusaha kaya dan dermawan.

Sejak memulai protes di luar parlemen Swedia pada tahun 2018, Thunberg telah menjadi terkenal di dunia, menjadi tokoh untuk m anak-anak yang putus sekolah di seluruh dunia.

Ini bukan pertama kalinya dia menyumbangkan hadiah uang kepada organisasi dan alasan yang dia dukung. Pada bulan April, setelah memenangkan Human Act Award, ia mengatakan akan menyumbangkan uang hadiah $ 100.000 kepada UNICEF.


[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading