Top! Ini 5 Wanita Paling Berpengaruh Dunia di 2019

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 December 2019 11:18
Top! Ini 5 Wanita Paling Berpengaruh Dunia di 2019

Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah Forbes merilis daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia atau The World's 100 Most Powerful Women 2019, Kamis (12/12/2019).

Kanselir Jerman Angela Merkel menduduki posisi satu daftar itu. Ini merupakan tahun ke-9 Merkel menduduki posisi satu daftar Most Powerful Women Forbes.

Di belakangnya, ada Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi di posisi ketiga.



Sementara itu, aktivis lingkungan dan Person of the Year 2019 majalah Time, Greta Thunberg, berada di peringkat ke-100. Ia menjadi orang termuda dalam sejarah yang masuk ke daftar itu, yaitu pada usia 16 tahun. Sedangkan Ratu Elizabeth yang menduduki posisi ke-40, termasuk salah satu yang tertua dalam daftar.

Daftar ini memuat nama-nama wanita dari berbagai negara, di mana dari Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berhasil menduduki posisi ke-76.

Untuk tahun ini, secara keseluruhan, Amerika Utara menyumbang jumlah wanita berpengaruh terbanyak, yaitu 50 orang. Di posisi kedua berasal dari Asia Pasifik (21 orang), Eropa (23 orang), Timur Tengah (3 orang), Amerika Latin (2 orang), dan Afrika (1 orang).


Wakil Presiden Eksekutif Forbes dan Presiden Forbes Women, Moira Forbes, mengatakan wanita-wanita yang berhasil masuk daftar tersebut adalah mereka yang membuat gebrakan dan memberi pengaruh yang luar biasa dalam bidangnya masing-masing.

"Daftar Wanita Terkuat Dunia tahun ini adalah kumpulan inovator dan pionir yang memimpin di panggung dunia untuk mendefinisikan kembali struktur kekuasaan tradisional dan membentuk dampak yang langgeng di setiap industri dan lingkup pengaruh," katanya, sebagaimana dilansir dari CNBC Make It.

"Ketika kita mendekati akhir dasawarsa ini, orang-orang yang ada di daftar kami di tahun 2019 mengingatkan kita akan langkah besar yang telah dibuat oleh perempuan, dan peluang besar yang mereka miliki untuk menentukan dasawarsa mendatang," tambahnya.

Berikut adalah daftar lima teratas The World's 100 Most Powerful Women 2019:

Top! Ini 5 Wanita Paling Berpengaruh Dunia di 2019Foto: REUTERS/Francois Lenoir/Pool

1. Angela Merkel
Merkel adalah Kanselir Jerman wanita pertama. Ia menjabat pertama kali pada 2005 dan kini sudah memasuki masa jabatan keempatnya. Namun, ia telah mengumumkan tidak akan mendaftarkan diri sebagai kanselir lagi pada 2021 mendatang. Salah satu pencapaian pemimpin de facto Jerman ini adalah menarik keluar ekonomi terbesar di Eropa itu dari krisis keuangan.

Top! Ini 5 Wanita Paling Berpengaruh 2019 di DuniaFoto: CNBC Indonesia TV



2. Christine Lagarde
Lagarde menjadi wanita pertama yang mengepalai Bank Sentral Eropa (ECB). Ia menggantikan Mario Draghi pada 1 November 2019. Sebelumnya, Lagarde mengepalai lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) selama dua periode, yaitu sejak 2011-2019. Ia juga wanita pertama yang menjadi pemimpin lembaga keuangan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu.


3. Nancy Pelosi
Pelosi adalah ketua DPR AS yang ke-52. Ia memasuki masa jabatan ketiganya untuk posisi itu pada 2019. Belakangan nama Pelosi banyak disebut dalam berita karena ia kerap kali berselisih dengan Presiden AS Donald Trump.

Salah satu langkah terbesarnya melawan Trump adalah dengan mengusulkan penyelidikan pemakzulan (impeachment) terhadap presiden kontroversial itu.


4. Ursula von der Leyen
Ursula von der Leyen diangkat sebagai presiden Komisi Eropa, cabang eksekutif Uni Eropa, pada Juli 2019. Dia adalah wanita pertama yang menjabat posisi itu.

Ia juga merupakan anggota kabinet Angela Merkel, sejak 2005 hingga 2019. Leyen juga pernah menjabat sebagai menteri pertahanan Jerman.


5. Mary Barra
Barra merupakan CEO perusahaan mobil General Motors (GM) sejak 2014. Selama menjabat, Barra telah menginvestasikan miliaran dolar pada bisnis kendaraan listrik, mobil self-driving, dan layanan ride-share bernama Maven.

Pada 2018 lalu, ia memiliki jumlah kompensasi tertinggi dari pemimpin lainnya di perusahaan pembuat mobil Detroit's Big Three (General Motors, Ford, dan Chrysler), yaitu mengantongi US$ 21,9 juta atau sekitar Rp 306 miliar (kurs Rp 14.000/dolar).


Simak pundi-pundi harta kekayaan crazy rich

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading