Internasional

Nyumbang Rp 1,3 T, Jeff Bezos Malah Disuruh Bayar Pajak!

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
26 November 2019 11:55
Nyumbang Rp 1,3 T, Jeff Bezos Malah Disuruh Bayar Pajak!
Jakarta, CNBC Indonesia - CEO Amazon, Jeff Bezos pekan lalu menyumbangkan sejumlah hartanya sebesar US$ 98,5 juta (Rp 1,3 triliun) untuk membantu puluhan kelompok tuna wisma. Namun niatan baik tersebut malah mendapat kritikan dari Ketua Partai Buruh Inggris, Jeremy Corbyn.

Corbyn menyampaikan kritikan tersebut melalui akun Twitter-nya pada Minggu. Ia mengatakan bahwa sumbangan yang dikeluarkan Bezos hanya mewakili "0,09%" dari kekayaan bersihnya.


Ia bahkan menghimbau agar Bezos membayar pajaknya. "Itu hanya 0,09% dari kekayaan bersih Anda. Bayar saja pajak Anda," tulis Jeremy Corbyn dalam postingan Twitter, sebagaimana dilansir dari CNBC Make It, Selasa (26/11/2019).


Corbyn pun berargumen bahwa Bezos sebenarnya bisa mengeluarkan dana kekayaan lebih besar untuk ditempatkan dalam kegiatan filantropi dibandingkan yang ia keluarkan saat ini. Di September 2018, Bezos meluncurkan Bezos Day One Fund-nya, untuk mendukung pendidikan di masyarakat berpenghasilan rendah.


Sebelumnya, Ketua Partai Buruh itu memang dikenal sering mengkritik Bezos dan Amazon tentang tagihan pajak perusahaan. Termasuk pernah mengirimkan kartu ucapan ulang tahun Amazon yang ke-25 dengan nada sarkas bertuliskan "many happy tax return."

"Amazon membayar semua pajak yang harus dibayarkan di AS, dan setiap negara tempat kami beroperasi, termasuk membayar US$ 2,6 miliar dalam pajak perusahaan dan melaporkan US$ 3,4 miliar dalam biaya pajak selama tiga tahun terakhir," kata seorang juru bicara Amazon dalam sebuah pernyataan.

Sebagai perbandingan sesama miliarder, Warren Buffett menyumbangkan total US$ 3,4 miliar untuk amal tahun lalu. Sementara Bill dan Melinda Gates menyumbangkan US$ 2,6 miliar.

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading