Terbukti, Kerja 4 Hari Seminggu Bikin Pegawai Makin Produktif

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
04 November 2019 16:18
Terbukti, Kerja 4 Hari Seminggu Bikin Pegawai Makin Produktif
Jakarta, CNBC Indonesia- Baru-baru ini Microsoft Jepang melakukan eksperimen kepada para karyawannya. Mereka menerapkan waktu kerja hanya 4 hari seminggu, dan hasilnya sungguh mengejutkan!

Dilansir dari CNBC Indonesia, eksperimen 4 hari kerja ini justru membuat para karyawan semakin produktif.

Raksasa teknologi ini mencatat lonjakan produktivitas hampir 40%, uji coba ini dilakukan sekaligus untuk mempromosikan waktu bekerja yang lebih sehat. Uji coba dilakukan mulai Agustus lalu lewat program Microsoft Work Life Choice Challenge, di mana perusahaan libur mulai Jumat dan 2300 karyawannya mendapat akhir pekan 3 hari.


Eksperimen dilakukan selama satu bulan untuk melihat manfaat dari berkurangnya waktu bekerja. Selama periode itu, perusahaan melihat produktivitas, yang diukur dengan penjualan per karyawan, naik 39,9% dibandingkan dengan Agustus 2018.



Perusahaan juga mencatat penurunan biaya, dengan 23,1% lebih sedikit listrik yang digunakan dan 58,7% lebih sedikit halaman yang dicetak selama periode tersebut.

Eksperimen ini juga memasukkan pengembangan diri dan skema kesehatan keluarga, dan mencatat umpan balik positif sebagian besar dari karyawan dengan 92,1% mengatakan bahwa mereka menyukai minggu kerja hanya empat hari.

Microsoft Jepang sekarang ini berencana untuk melakukan tantangan kehidupan kerja yang serupa di musim dingin ini, yang bertujuan mendorong kerja yang lebih fleksibel.

Gagasan empat hari kerja dalam seminggu telah menarik perhatian dalam mengurangi stres dan mencegah terlalu banyak pekerjaan. Pada 2018 misalnya, Selandia Baru sempat mencoba dua bulan bekerja hanya 4 hari seminggu. Demikian pula dengan apa yang diusulkan oleh Richard Branson, pendiri Virgin Air, yang terus-terusan mempromosikan waktu kerja ini yang lebih bermanfaat untuk tingkatkan kebahagian.

Dampak dari bekerja berlebihan dirasakan secara akut di Jepang, yang dikenal karena memiliki beberapa jam kerja terpanjang di dunia. Menurut sebuah studi pemerintah 2016, hampir seperempat dari perusahaan Jepang mengharuskan karyawan untuk bekerja lebih dari 80 jam sebulan.

Jepang bahkan telah menciptakan istilahnya sendiri untuk budaya ekstrem ini yang disebut, karoshi. Dimana bila diterjemahkan adalah kematian karena kerja keras.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading