Fantastis, Begini Isi Kepala dan Cara Berpikir Bill Gates

Lifestyle - Lynda Hasibuan , CNBC Indonesia
10 September 2019 20:41
Fantastis, Begini Isi Kepala dan Cara Berpikir Bill Gates Foto: Instagram: Bill Gates
Jakarta, CNBC Indonesia- Apa kira-kira yang ada di pikiran Bill Gates, dan bagaimana cara bekerja otak sosok yang penah dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia ini?

Tak cuma kaya, kita juga tahu bahwa Bill Gates adalah jenius. Bill Gates pun sadar soal ini, sampai-sampai dia pernah bilang hal yang paling ia takutkan di dunia ini adalah jika otaknya berhenti bekerja.




Pendiri Microsoft ini buka-bukaan soal isi kepalanya lewat film dokumenter Netflix yang tayang 20 September mendatang, yakni Inside Bill's Brain: Decoding Bill Gates yang terdiri dari 3 episode.

Sutradara dan produser eksekutif Davis Guggenheim mengatakan tujuannya menggarap dokumenter ini adalah untuk mencari tahu apa yang terjadi di dalam pikiran orang terkaya kedua di dunia.  Tak disangka, ia justru menemukan hal yang mengejutkan tentang cara kerja otak Gates.

Menurut Melinda Gates, kepala suaminya laksana multiprosesor. "Dia akan membaca sesuatu yang beda tetapi kemudian memproses hal lain pada saat yang sama. Sangat kacau," kata Melinda dalam trailer seri tersebut.

Melinda menuturkan bahwa otak Gates berkembang dengan begitu kompleksitas. Dia membuat kerangka dalam pikirannya, kemudian dia mulai memasukkan informasi.  Jika ada sesuatu yang tidak sesuai, dia menjadi sangat frustrasi. 

 "Ini menakutkan. Tapi ketika Bill menjadi dirinya, dia bisa mengumpulkan ide yang tidak bisa dilihat orang lain," kata Malinda.

Bill bisa mengingat persis apa yang ia baca, dan ketika ditanya oleh Quartz apa rahasianya, ia cuma menjawab jika sering membaca akan ada beberapa persamaan yang bisa ditemukan. Dan kesamaan-kesamaan ini yang membuatnya mudah mengingat.

Ia menyebut kepala seperti ruangan yang luas, jika memiliki ruang yang cukup maka informasi apapun bisa ditempatkan sesuai dengan kategorinya. Tapi perlu dibikin kerangka berpikir dulu. "Awalnya memang menakutkan, tapi begitu bisa menentukan ruang lingkupnya maka potongan-potongan tadi bisa cocok dan dikumpulkan," kata Gates.

Gates juga tak sembarangan menelan informasi, saat mendapat informasi baru dia akan mencari tahu apakah itu bertentangan dengan hal yang pernah ia ketahui sebelumnya. Ia akan mencari tahu penuh soal itu lalu mengelompokkannya.

Gates sebenarnya melihat masalah dari sudut biasa, tapi dia selalu bisa berinovasi. Pemikirannya akan dalam kondisi terbaik jika ia punya setumpuk ide yang harus dielaborasi. Cuplikan seri dokumenter juga menampilkan bagaimana Bill Gates mencoba memecahkan masalah-masalah sulit, seperti penyakit dan kemiskinan.

Selain memberikan sedikit gambaran tentang pemikiran Gates, trailer untuk film dokumenter ini juga memberikan beberapa fakta menyenangkan. Beberapa diantaranya seperti makanan favorit Gates adalah hamburger, ia tidak  suka sarapan dan anjing adalah hewan favoritnya.

Fantastis, Begini Isi Kepala dan Cara Berpikir Bill Gates Foto: Infografis/Rahasia Sukses Warren Buffett dan Bill Gates/Arie Pratama
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading