Hampir Separuh Box Office Disumbang Disney, Sisanya Remahan..

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
18 October 2019 11:47
Disney menyumbang hampir separuh pendapatan box office Amerika Serikat
Jakarta, CNBC Indonesia- Bukan rahasia lagi jika Disney telah menjadi raksasa box office selama lima tahun terakhir.  Bahkan Disney acap kali memecahkan rekornya sendiri di industri ini untuk genre film tertentu, secara berulang-ulang. Termasuk di tahun ini, contohnya adalah Avengers: End Game yang memecahkan rekor Avengers sebelumnya.

Saat industri film secara global masih berjuang menembus rekor penjualan mereka di tahun lalu yang mencapai US$ 11,9 miliar, Disney leha-leha karena sudah menembus targetnya dan masih terus merajai box office. Diperkirakan, tahun ini Disney bakal pecahkan rekor penjualan domestiknya.




Sampai saat ini atau 9 bulan 2019, Disney telah meraup penjualan US$ 8,1 miliar. Jauh melewati penjualan tahun lalu mereka yang US$ 7,6 miliar.

Di pasar domestik, Disney menyentuh penjualan US$ 3,09 miliar di 2018. Saat ini, mereka sudah kumpulkan US$ 2,7 miliar di 9 bulan ini. Masih tersisa 3 film lagi yakni; Maleficent Mistress of Evil, Frozen 2, dan Star Wars: The Rise of Sky Walker yang diperkirakan bakal membuat Disney semakin meroket penjualannya.

Hasil penjualan Disney tahun 2019 menyumbang 33,4% dari box office AS selama periode itu, menurut data dari Comscore. Dengan masuknya Fox pasca akuisisi, Disney kini menyumbang 40% dari pendapatan kotor box office Amerika.

Tentu saja, dengan tiga bulan tersisa di tahun itu, angka itu akan berubah. Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore, memperkirakan Disney kemungkinan akan mempertahankan setidaknya 30% dari penerimaan box office pada akhir 2019.

Sebagai perbandingan, Disney menyumbang 26,3% dari semua penjualan tiket A.S. pada tahun 2018.

Disney juga memegang lima dari enam tempat teratas dalam daftar film terlaris di tahun 2019. Kelima film itu yakni Avengers: Endgame, The Lion King, Toy Story 4, Captain Marvel dan Aladdin yang semuanya memiliki rekor penjualan tiket lebih dari US$ 1 miliar secara global.

Hampir Separuh Box Office Disumbang Disney, Sisanya Remahan..Foto: Infografis/Di Bawah Kendali Disney/Edward Ricardo


(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading