Catat, Orang Sukses Tak Mau Buang Duit di 5 Hal Ini!

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
16 September 2019 16:04
Catat, Orang Sukses Tak Mau Buang Duit di 5 Hal Ini!
Jakarta, CNBC Indonesia - Orang yang terbukti andal dalam mengelola keuangannya diketahui tidak suka boros atau banyak membelanjakan uang untuk hal-hal tidak perlu.

Pandai mengelola uang bukan melulu soal tingkat pendapatan, tapi juga kebiasaan dalam pembelanjaan. Mereka yang pandai bisa memilah mana hal yang layak dibelanjakan dan mana yang dihindari.




Dikutip dari Business Insider, berikut adalah 7 hal yang tak dilirik oleh orang-orang sukses tersebut berdasar bocoran para manajer investasi dan pengelola keuangan.

1. Mereka tidak Latah membeli mobil baru
"Orang yang sebenarnya memiliki beberapa ratus ribu dolar di bank atau bahkan mungkin miliuner bakal mengendarai mobilnya hingga berusia 5 atau 10 tahun," ujar pakar keuangan dan penulis Lynnete Khalfani-Cox.

Nilai sebuah mobil baru akan merosot 10% di bulan pertama, dan capai 20% di setahun pertama. Buat yang pandai kelola keuangan, tentu kerugian macam ini akan dihindari. Lebih baik gunakan mobil yang ada, sembari menyimpan untuk kebutuhan atau investasi lain.

2. Membeli rumah secara berlebihan atau diluar batas
Tentunya orang-orang ini tak akan beli hunian secara berlebihan, mereka tahu persis bahwa pembelian real estat terbaik adalah sesuai kemampuan.

 Mereka yang pandai dengan uang tidak ingin menghabiskan lebih dari yang mereka mampu untuk rumah, dan mereka tahu bahwa real estat terbaik adalah yang mereka mampu.

Alih-alih membeli rumah besar dan mahal, mereka memilih untuk menghabiskan uang untuk pengalaman.  Jika mereka membeli rumah yang lebih besar, mereka akan memiliki lebih sedikit uang untuk ditabung dan diinvestasikan setiap bulan menuju pensiun dini. Serta secara drastis juga harus mengekang anggaran perjalanan tahunan.

3. Mereka tidak berutang dan ambil kredit yang tak bisa dibayar
Baik itu pembelian senilai puluhan juta rupiah atau hanya ratusan ribu, mereka ogah menggunakan kartu kredit atau berutang dengan risiko dikenakan bunga setiap bulan.

Menggunakan kartu kredit berarti Anda akan dikenakan bunga setiap bulan, dan itu tidak akan murah, baik - banyak kartu kredit akan menagih suku bunga 25% atau lebih.

Penulis Business Insider Elizabeth Aldrich pernah terlilit utang senilai US$ 10.000 di usia 20-an.  Tetapi, sejak itu, dia belajar dari masa lalunya dan menjadi ahli dalam hal uang, melunasinya dalam tiga tahun dan membangun dana darurat US$ 20.000 dalam enam bulan.

Dia belajar bahwa kartu kredit adalah biang kerok yang membuatnya terlilit utang.
"Setiap bulan saya akan menumpuk saldo di kartu kredit saya dan kemudian membayar apa yang saya bisa pada akhir bulan," kata dia.

4. Mereka tidak membeli barang mewah dari desainer bermerek
Mereka yang pandai dengan uang tentu kurang tertarik dengan barang bermerek atau label, kata Khalfani-Cox.  Dan tampaknya mereka yang kaya mulai menerima isyarat ini dari mereka yang pandai menggunakan uang.

"Memamerkan kekayaan bukan lagi cara untuk menandakan memiliki kekayaan.  Di AS khususnya, 1% teratas telah menghabiskan lebih sedikit untuk barang-barang material sejak 2007," kata Hillary Hoffower kepada Business Insider.

Alih-alih barang-barang materi, banyak orang kaya hari ini memilih untuk menghabiskan privasi dan rutinitas kesehatan dan kebugaran eksklusif dan berinvestasi dalam pendidikan daripada membeli barang-barang desainer.


Catat, Orang Sukses Tak Mau Buang Duit di 5 Hal Ini!Foto: Rumah Bruce Willis di New York (Rob Lowell Photography via CNBC)


5. Tak sudi gelar pernikahan mewah dan mahal
Siapa pun yang merencanakan pernikahan tahu betapa mahalnya pesta.  Tetapi mereka yang pandai dengan uang tidak berencana untuk menghabiskan banyak uang pada acara pernikahan.

Nathan Clarke dari The Millionaire Dojo menggunakan teknik-teknik tabungan dan investasi yang agresif untuk menabung lebih dari US$ 100.000 dalam tabungan pada usia 25 tahun dan dia memiliki harapan untuk menjadi mandiri secara finansial dan mengejar tujuannya menjadi seorang jutawan.

Bagi dia dan istrinya yang sekarang, salah satu hal yang membantunya mencapai tabungan US$ 100.000 adalah dengan gelar pernikahan murah.  Mereka menghabiskan hanya US$ 10.000 pada hari besar dan menabung secara agresif alih-alih menghabiskan untuk pernikahan.

 "Sungguh, yang kami bayar hanyalah semua dekorasi, makanan, dan sedikit untuk tempat resepsi. Saya tidak mengerti mengapa orang berpikir mereka harus menghabiskan US$ 50 ribu untuk pernikahan.  Saya lebih suka berkeliling dunia selama setahun dengan US$ 50k daripada menghabiskannya pada satu hari," tulis Clarke. 

Catat, Orang Sukses Tak Mau Buang Duit di 5 Hal Ini!Foto: Infografis/Ingin Cepat Kaya? Ikuti Tips Keuangan Para Miliarder Ini/Arie Pratama

[Gambas:Video CNBC]

(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading