YouTuber Sukses Ini Beri Wejangan: Jadilah Teladan yang Baik!

Lifestyle - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
01 September 2019 15:30

Jakarta, CNBC Indonesia - Musisi sekaligus YouTuber Eka Gustiwana Putra membeberkan pandangannya mengenai banyaknya konten kreator yang mencari pendapatan lewat situs berbagi video tersebut.

"Menurut gue sah saja. Kan dia tidak mencuri, sederhananya gitu. Dia enggak nyolong duit orang, dia mengerjakan sesuatu yang halal, kenapa harus dipermasalahkan?," kata Eka ketika ditemui di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta Selatan, Jumat (30/8).

"Terus di masa depan nanti akan ada lapangan pekerjaan yang sangat banyak. Dulu waktu gue kecil, lapangan pekerjaan itu cuma dokter, pilot, akuntan, dan PNS. Enggak ada lapangan pekerjaan seperti yang sekarang. Digital-digital ini enggak ada. Nah kan ke depannya banyak, salah satunya YouTuber, atau usahawan digital," lanjut Eka.


Menurutnya, jika banyak orang yang mempermasalahkan hal tersebut, Indonesia seperti mundur selangkah dan seperti apatis dalam zaman Revolusi Industri 4.0.


"Terima saja kalau memang YouTuber mendapatkan penghasilan dan punya kemampuan di sana," imbuhnya.

Eka sendiri mengaku tidak begitu mengambil pendapatan dari Google AdSense yang ia pasang di akun YouTube-nya, sebab ia sendiri tidak begitu rajin mengunggah video.

"Akun YouTube gue itu pendapatannya paling kecil. Gue enggak akan bilang angkanya berapa, tapi jauh lebih kecil dari YouTuber lain. Gue kadang-kadang tidak menyalakan AdSense, kadang gue tidak mau orang nonton iklan. Kadang gue nyalain tapi tidak titik-titik seperti banyak YouTuber," akunya.

Berbeda dengan YouTuber kebanyakan, Eka memiliki motivasi lain di YouTube. Dibandingkan AdSense, ia lebih memilih exposure, mencari banyak orang yang nonton agar banyak orang yang tersampaikan dengan pesan dari karyanya.

Lagipula, menurut Eka, AdSense tidak bisa hanya ditentukan oleh subscriber. Itu hanya bisa ditentukan oleh panjangnya video. Eka memberi contoh kasus dengan Atta Halilintar.

"Gini deh, Atta Halilintar nge-vlog setiap hari, 365 video dengan panjang video biasanya 20 menit. Berarti 20 menit kali 365 video. Eka Gustiwana upload video cuma 2 kali dalam sebulan, 1 video cuma 3 menit. Nah itu dihitung aja perbandingannya," ujarnya sambil tertawa.

"Kalaupun dapat iklan, itu bonus. Nah itu yang selama ini menjadi motivasi gue dalam berkarya. Jadi memang penghasilan gue kecil di YouTube. Dibanding Atta Halilintar mungkin se per sekian lah kalau mau dibandingkan," lanjutnya.

LANJUT HALAMAN 2: Konten Kreator dengan Karya Negatif, Apa Dampaknya?

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading