10 YouTuber Terkaya di Dunia, Raffi Ahmad Ada?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 March 2022 20:14
REFILE - ADDING MISSING WORDS  Silhouettes of laptop and mobile device users are seen next to a screen projection of Youtube logo in this picture illustration taken March 28, 2018.  REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Pembuat konten alias content creator telah menjelma menjadi salah satu profesi yang menjanjikan penghasilan fantastis. Forbes belum lama ini merilis daftar content creator di YouTube berpenghasilan tertinggi di dunia sepanjang tahun 2021.

Dari petinju profesional hingga pengusaha berusia tujuh tahun, YouTuber dengan bayaran tertinggi ini telah membangun kerajaan sendiri di platform media sosial. Siapa saja mereka?

Berikut daftar 10 YouTuber dengan penghasilan tertinggi, seperti dikutip dari Lifestyle Asia.


1. Jimmy Donaldson

Jimmy Donaldson, juga dikenal sebagai MrBeast, memiliki lebih dari 88,3 juta pengikut di YouTube. Di platform tersebut, dia membuat ulang setiap set dari Game Squid hingga mengatur permainan tag yang mahal. Jimmy juga kerap membuat konten yang viral seperti dikubur hidup-hidup selama 50 jam dan menawarkan hadiah utama kepada siapa pun yang mau duduk di bak mandi berisi ular.

Ia berada di puncak daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi, dengan penghasilan US$ 54 juta atau sekitar Rp775 miliar (kurs 14.352/USD). Dengan pendapatannya ini, dia resmi mengambil alih posisi YouTuber berusia 10 tahun, Ryan Kanji, yang biasanya berada di posisi teratas.

2. Jake Paul

2. Jake PaulFoto: foto/Youtuber termahal 2/Youtube
2. Jake Paul

Jake Paul adalah seorang petinju profesional yang memulai karirnya di YouTube dengan membuat sketsa komedi dan vlogging tentang berbagai aspek kehidupannya. Paul berada di urutan ke-2 dalam daftar YouTuber dengan bayaran tertinggi dengan 20 juta pengikut.

Menariknya, Paul pernah di-demonetisasi oleh YouTube pada tahun 2017 karena video kontroversial saudara laki-lakinya, Logan Paul, yang juga seorang seorang Youtuber. Sekarang, meskipun dia sudah bisa meraup penghasilan lagi dari iklan YouTube, Paul tidak seaktif dulu. Meski demikian, ia tetap mengantongi US$45 juta atau sekitar Rp645 miliar sepanjang tahun lalu.

3. Mark Edward Fischbach

Mark Edward Fischbach Markiplier (Facebook)Foto: Mark Edward Fischbach Markiplier (Facebook)
Mark Edward Fischbach Markiplier (Facebook)

Dikenal di internet sebagai Markiplier, Mark menghibur 31,5 juta pengikutnya dengan sketsa komedi, parodi animasi, dan video game. Sebagian besar pendapatannya berasal dari skill marketingnya yang luar biasa. Mark berhasil menjual banyak merchandise, mulai dari t-shirt, hoodies, dan barang dagangan lainnya yang semakin menambah pundi-pundi kekayaannya. Sepanjang tahun 2021, Mark berhasil mengantongi US$38 juta atau sekitar Rp545miliar. Meskipun acara kolaborasinya dengan sesama YouTuber Ethan Nestor-Darling dibatalkan, merchandise untuk acara tersebut terus terjual.

4. Rhett dan Link

Duo YouTuber Rhett dan Link menghasilkan US$30 juta atau sekitar Rp430 miliar dari mengunggah video mencicipi makanan aneh sampai menggelar adu menyanyi lagu rap. Mereka pertama kali memulai karir di YouTube dengan talk show berjudul Good Mythical Morning, yang membahas segala hal mulai dari tren makanan hingga krisis internet. Acara itu lalu viral dan menjadi tuan rumah bagi tamu-tamu istimewa yang membuat duo ini terkenal di internet dan memiliki 10 juta pengikut.

Tak cuma itu, duo YouTuber ini juga pernah membuat streaming langsung selama dua jam dan berhasil menjual lebih dari 70.000 tiket dengan harga masing-masing US$ 50.

5. Nathan

Dikenal dengan nama Unspeakable di YouTube, Nathan membuat dan berbagi video tentang game, tantangan, dan komedi untuk menghibur pengikutnya yang saat ini berjumlah lebih dari 1 juta orang. Salah satu videonya yang viral adalah video yang menunjukkan Nathan mengisi rumah dengan salju dan kamar dengan buaya. Dari ketenarannya di YouTube, Nathan mendapat US$ 28,5 juta atau sekitar Rp409 miliar.

6. Anastasia Yuryevna Radzinskaya

youtuber Anastasia Radzinskaya (instagram @likenastya)Foto: Anastasia Radzinskaya (instagram @likenastya)
youtuber Anastasia Radzinskaya (instagram @likenastya)

Akun 'Like Nastya' mulanya adalah channel yang berisi unboxing mainan, namun sekarang berkembang menjadi salah satu saluran YouTube anak-anak terbesar di dunia. Bintang YouTube berusia tujuh tahun ini sering berbagi video tentang bagaimana menavigasi kehidupan di sekolah, menghabiskan waktu sendirian di rumah, dan belajar tentang panca indera. Gadis kecil ini memiliki 85 juta pengikut. Anastasia dilaporkan menghasilkan US$ 28 juta atau sekitar Rp401 miliar sepanjang tahun lalu.

7. Ryan Kaji

Ryan Kaji (instagram @ryansworld)Foto: Ryan Kaji (instagram @ryansworld)
Ryan Kaji (instagram @ryansworld)

YouTuber muda lainnya yang memulai karirnya pada usia empat tahun adalah Ryan Kaji. Ia memulai karir di YouTube dengan mengulas mainan dan bermain dengan mainannya. Ryan sekarang membuat video tentang eksperimen sains dan tantangan-tantangan unik. Karena kepopulerannya, Ryan bahkan sudah memiliki produk mainannya sendiri. Memiliki 31 juta pengikut di YouTube, dia dilaporkan mendapat US$27 juta atau Rp387 miliar.

8. Coby and Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, and Tyler Toney

Grup komedi Dude Perfect, yang dibintangi oleh si kembar Coby dan Cory Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney memiliki 57 juta pengikut di YouTube. Di platform itu, mereka sering berbagi video tentang hal-hal berbahaya seperti berjalan di atas sayap pesawat di tengah penerbangan. Karena kesuksesan video-video mereka, grup ini sukses menghasilkan US$ 20 juta atau sekitar Rp287 miliar tahun lalu.

9. Logan Paul

Paul LoganFoto: Getty Images/CNBC
Paul Logan

Kakak laki-laki Jake Paul, Logan Paul, membuat comeback tahun ini setelah video kontroversinya di tahun 2017. Lebih dari 23 juta pengikut Logan Paul senang menonton videonya yang membahas kartu Pokemon dan mendengarkan musiknya. Paul juga berinvestasi di NFT dan memiliki podcast berjudul Impaulsive. Ia dilaporkan memiliki penghasilan US$18 juta atau sekitar Rp258 miliar.

10. Preston Arsement

Di urutan terakhir ada Preston Arsement dengan akun YouTube PrestonPlayz. YouTuber satu ini sering membuat content yang memainkan video game, terutama minecraft untuk 12 juta pengikutnya. Ia juga pandai menarik perhatian penonton dengan membuat konten dengan tema yang lagi viral seperti Squid Game. Tahun lalu, Preston menghasilkan US$ 16 juta atau sekitar Rp229 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Video Lisa BLACKPINK Ditonton 200 Juta Kali di YouTube!


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading