Buset, Harga Kartu Pokemon Capai Rp 1,5 Miliar

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
14 August 2019 14:21
Buset, Harga Kartu Pokemon Capai Rp 1,5 Miliar Foto: Pokemon Masters (pokemon.com)
Jakarta, CNBC Indonesia - Ternyata kartu Pokemon bisa berharga mahal sekali. Buktinya, satu set lengkap kartu Pokemon edisi pertama dari tahun 1999, telah terjual seharga US$ 107.010 atau Rp 1,5 miliar pada sebuah balai lelang Goldin Auctions.

Koleksi tersebut terdiri dari 103 kartu. Semua dijual dalam kondisi sempurna, termasuk dengan kartu Charizard yang langka, yang jika dijual terpisah bisa mencapai US$ 20.000.

"Bagi banyak milenial, permainan video dan kartu Pokemon 1999 asli tetap menjadi makanan pokok masa kecil mereka. Ini memberikan sensasi seperti seni yang hilang dalam nostalgia," tulis Golding Auction dalam situsnya seperti dilansir CNBC Indonesia dari CNBC Internasional, Rabu (14/08/2019).



"Untuk generasi milenial, ini menandakan akhir dari usia mainan yang "nyata" dan awal zaman virtual. Karena tidak ada item lain yang sepopuler seperti Pokemon di tahun-tahun berikutnya,".

Set yang dijual dalam pelelangan itu adalah koleksi kartu edisi pertama yang dicetak dalam bahasa Inggris. Rumah lelang Goldin Auctions mengatakan di situs webnya, bahwa setiap kartu sudah dinilai di GEM-MT 10 atau "Gem Mint". Maksudnya sudah dinilai kondisinya oleh Badan Autentikasi Professional Sports Authenticator (PSA) dengan nilai "hampir sempurna."

Goldin Auctions dalam situsnya mengatakan beberapa ahli percaya bahwa kartu Pokemon akan menjadi sama pentingnya dengan beberapa kartu olahraga yang diburu kolektor. Seperti satu set bola basket Fleer tahun 1986/1987.


Penawaran harga dibuka pada US$ 25.000. Sebelumnya, satu set kartu itu telah menerima sebanyak 12 penawaran sebelum lelang ditutup pada Sabtu. Kartu Pokemon edisi pertama ditandai dengan stempel hitam kecil di sebelah kiri bawah gambar Pokemon, yang menunjukkan bahwa kartu tersebut adalah bagian dari rilis asli pada 1999.

Rumah lelang itu mencatatkan, satu set kartu Pokemon yang sama dijual dalam lelang pada Desember 2017, dengan harga di bawah US$ 100.000. Satu kartu tiruan yang hampir mirip, saat ini dijual di eBay, dengan penawaran harga mulai US$ 2.174 kurang dari sehari sebelum lelang ditutup.

[Gambas:Video CNBC] (sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading