Bos Samsung, Hyundai, Laneige Jadi Orang Terkaya Korsel

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
10 July 2019 20:04
Bos Samsung, Hyundai, Laneige Jadi Orang Terkaya Korsel
Jakarta, CNBC Indonesia- Forbes baru saja merilis daftar 50 orang terkaya di Korea Selatan. Agak beda dengan negara lainnya, deretan orang terkaya negeri ginseng ini dipenuhi dengan pengusaha di sektor elektronik, teknologi komunikasi, farmasi, game online, dan kosmetik.

Posisi teratas masih diisi oleh Chairman Samsung Group Lee Kun Hee, 77 tahun, yang dinobatkan jadi konglomerat terbesar di Korea dengan harta sejumlah US$ 16,8 miliar atau setara Rp 234 triliun. Sejak dikabarkan terkena serangan jantung pada 2014, belum ada kabar terkini soal kondisi kesehatannya.

Samsung sendiri unggul dengan produk-produk elektroniknya mulai dari televisi, mesin cuci, dan lainnya. Terdapat juga




Selain Lee Kun Hee, Samsung Group juga menyisipkan nama Lee Jae Young di urutan ke-4 terkaya Korea Selatan. Jae Young adalah putra Lee Kun Hae dan diangkat menjadi Vice Chairman sejak Lee Kun Hee jatuh sakit.

Bos Samsung, Hyundai, Laneige Jadi Orang Terkaya KorselFoto: Chairman Samsung Lee Kun-Hee (REUTERS/Lee Jae-Won)


Berharta senilai US$ 6,1 miliar, Jae Young sempat beberapa kali tersandung kasus salah satunya adalah dugaan suap kepada mantan Presiden Korea Selatan Park Geun Hye, yang kini sudah dibui sejak 2018.

Orang kedua terkaya di Korea Selatan diisi oleh Seo Jung Jin dengan harta US$ 7,4 miliar. Kekayaannya diperoleh dari usaha biofarmasi Celltrion yang kembangkan obat-obatan untuk mengobati kanker, influenza dan rheumatoid arthritis.

Peringkat ketiga adalah Kim Jung Ju yang sukses mengumpulkan US$ 6,3 miliar dengan usaha gim onlinenya yakni Nexon, yang dikelola oleh induk usaha NCX. Sempat tersandung kasus dugaan suap pada 2016, Jung Ju akhirnya terbukti tak bersalah. Di 2018 ia mulai beralih ke bisnis kriptokurensi dan memegang 83% Korbit.



Di Peringkat 5 ada Koo Chung Mong, chairman dari Hyundai Motor, produsen mobil terbesar Korea Selatan. Dia adalah putra kedua mendiang Chung Ju-yung yang berasal dari keluarga petani dan kemudian mendirikan Grup Hyundai, yang pernah menjadi konglomerat terbesar Korea hingga saat ini kekayaannya mencapai US$ 4,3 miliar atau Rp 60 triliun.

Bos Samsung, Hyundai, Laneige Jadi Orang Terkaya KorselFoto: Hyundai Venue 2020 terungkap di New York International Auto Show 2019 di New York City, New York, AS, 17 April 2019. (REUTERS / Brendan McDermid)


Masuk dalam 10 besar adalah pengusaha rantai kosmetik Amore Pacific Suh Kyung Bae. Dengan kekayaan sekitar Rp 49 triliun, ia berada di posisi ke-6. Brand kosmetiknya kini mendunia seperti Etude, Innisfree, Laneige, dan Sulwhasoo, Mamonde, Iope, dan lainnya.

Bos Samsung, Hyundai, Laneige Jadi Orang Terkaya KorselFoto: Instagram/ @laneige


Peringkat lainnya dengan usaha yang familiar adalah Chairman Kakao Kim Beom Su dengan kekayaan Rp 38 triliun, Chairman LG Koo Kwang Mo Rp 24 triliun, Pendiri Mirae Asset Park Hyeon Joo Rp 22 triliun, Chairman CJ Corporation Lee Jay Hyun, Bos Lotte Shopping Shin Dong Joo Rp 12 triliun.

(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading