Tampak Jelas dari Bumi, Begini Dahsyatnya Planet Jupiter!

Lifestyle - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
11 June 2019 - 12:30
Tampak Jelas dari Bumi, Begini Dahsyatnya Planet Jupiter! Foto: Planet Jupiter (NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNBC Indonesia- Planet Jupiter tengah berada di posisi terdekatnya dengan Bumi sejak 10 Juni 2019. Planet terbesar di galaksi bima sakti ini memiliki sederet fakta yang cukup menarik.

Jupiter adalah planet raksasa. Jupiter juga biasa disebut Jove, yaitu dewa langit dan guntur, raja para dewa dalam mitologi Romawi.

Planet ini ukurannya 11 kali ukuran Bumi yang saat ini mencapai posisi "berlawanan," yaitu saat Bumi berada di antara Jupiter dan Matahari.


Akibatnya, planet ini bersinar paling terang sepanjang tahun, dan selama beberapa minggu akan tetap menjadi objek yang luar biasa untuk dilihat melalui teleskop kecil atau teropong. Malam ini akan terbit di timur saat matahari terbenam dan terbenam di barat saat matahari terbit. Selama beberapa minggu, fenomena ini akan terlihat hampir sepanjang malam. Dan akan jadi pemandangan yang luar biasa!



Dilansir dari Forbes, Jupiter adalah planet kelima di tata surya, tetapi bagaimana ceritanya Jupiter bisa sebesar ini?

Jupiter kini memiliki 79 bulan dan planet dengan daya gravitasi terkuat di tata surya, sebenarnya bahkan memiliki cincin seperti Saturnus tapi tidak tampak jelas.

Menurut penilitian, Jupiter itu pada mulanya asteroid es yang berada jauh dari matahari, sebelum akhirnya bermigrasi ke orbit bima sakti. Migrasi ini memakan waktu hingga 700 ribu tahun lamanya.



Tampak Jelas dari Bumi, Begini Dahsyatnya Planet Jupiter!Foto: Planet Jupiter (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill/Handout via REUTERS)

Cara mengamati Jupiter
Jupiter cukup rendah di selatan (seperti yang terlihat dari belahan bumi utara) di konstelasi Ophiuchus, konstelasi ketiga belas yang "terlupakan". Anda dapat dengan mudah melihat pita awan amonia (teleskop) dan empat bulan "Galilea" terbesarnya (sepasang teropong) Io, Calisto, Ganymede dan Europa.

Kapan mengamati Jupiter?
Meskipun posisi berlawanan terjadi pada 10 Juni 2019, yang mewakili pertengahan periode pengamatan optimal, namun untuk mengamati Jupiter dapat dilakukan kapan saja sekarang, terutama sepanjang sisa Juni dan Juli. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading