Ingin Lihat Planet Jupiter dari Dekat? Begini Caranya!

Lifestyle - Wanti Puspa & Fetty Diana, CNBC Indonesia
10 June 2019 - 17:26
Ingin Lihat Planet Jupiter dari Dekat? Begini Caranya! Foto: Planet Jupiter (NASA/JPL-Caltech/Handout via REUTERS)
Jakarta, CNBC Indonesia- Malam ini, planet Jupiter yang terkenal dengan pancaran cahaya terangnya bisa dilihat dengan jelas dari Bumi. 

Jupiter akan mencapai di posisi puncaknya pada hari ini Senin, 10 Juni 2019.  Hal ini menandai bahwa planet ini mencapai oposisinya ketika Jupiter, Bumi, dan matahari berada dalam satu garis lurus, dikutip dari CNN Indonesia.

Ingin Lihat Planet Jupiter dari Dekat? Begini Caranya!Foto: Planet Jupiter (NASA/JPL-Caltech/SwRI/MSSS/Kevin M. Gill/Handout via REUTERS)



Pada saat matahari terbenam, Jupiter terbit di ufuk timur dan pada malam hari akan tampak sebagai bintang yang paling cemerlang sampai menjelang matahari terbit.

Bukan hanya penampakan Jupiter yang dapat dinikmati, tapi juga keempat bulan terbesarnya - Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Menurut Nasa, untuk melihat pemandangan menakjubkan Jupiter dengan keempat bulannya hanya dibutuhkan teropong binokular saja.

"Planet terbesar tata surya adalah permata yang cemerlang untuk mata telanjang, tetapi terlihat fantastis melalui binokular atau teleskop kecil, yang akan memungkinkan Anda melihat empat bulan terbesarnya." Tulis Nasa  dikutip dari laman CNET.



Menurut Nasa dari tanggal 14 sampai 19 Juni, Anda bisa melihat 'susunan indah' bulan, Jupiter, dan Saturnus yang berubah setiap malam saat bulan mengorbit bumi. 


Melansir dari detikinet, Anda juga dapat melihat planet terbesar ini melalui aplikasi seperti Star Walk 2 yang tersedia untuk Android dan iOS.

Di sisi lain, menurut NASA, untuk melihat langsung pemandangan Jupiter hanya membutuhkan teropong binokular saja. 

Selain melihat pancaran cahaya terangnya, menggunakan teropong dapat memungkinkan Anda melihat awan serta 'Titik Merah Besar' Jupiter yang menjadi ciri khasnya.

Tak hanya malam ini saja, Jupiter akan terlihat hingga beberapa minggu ke depan. Jika Anda tak sempat melihat planet terbesar ini, masih ada kesempatan untuk melihatnya yang diperkirakan terjadi pada bulan Juli 2020.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading